Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pemerintah Pede Ekonomi 2022 Tumbuh 5,2 Persen

Proyeksi ptumbuhan ekonomi tersebut melanjutkan tren pertumbuhan di atas 5 persen.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  15:48 WIB
Pemerintah Pede Ekonomi 2022 Tumbuh 5,2 Persen
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan kata sambutan pada Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) Tahun 2022, Selasa (6/12 - 2022). Dok. Youtube Kemenko Perekonomian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini diproyeksikan mencapai 5,2 persen.

Pertumbuhan tersebut kata Airlangga melanjutkan tren pertumbuhan yang tinggi di atas 5 persen, yang mana pada kuartal III/2022 tercatat mencapai 5,72 persen secara tahunan.

Pada 2023, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan mencapai 5,3 persen, meski tantangan dan gejolak global masih perlu terus diwaspadai.

“Pertumbuhan ekonomi di kuartal III/2022 5,72 persen dan diperkirakan sampai akhir tahun di kisaran 5,2 persen. Pada 2023 proyeksinya di angka 5,3 persen sesuai APBN,” katanya dalam Keterangan Pers Menteri terkait Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Selasa (6/12/2022).

Airlangga mengatakan sejumlah risiko yang masih harus diwaspadai diantaranya pandemi Covid-19, harga komoditas yang masih tinggi, disrupsi rantai pasok global, tensi geopolitik, cuaca ekstrem, dan inflasi.

Namun di sisi lain, imbuhnya, instrumen fiskal pada tahun depan akan tetap menjadi shock absorber dalam menghadapi gejolak global tersebut. Di samping itu, Presidensi G20 juga memperkuat kredibilitas Indonesia di pasar internasional.

“Tentu ini yang harus kita perhatikan, dari segi outlook global, diperkirakan dari berbagai lembaga tumbuhnya 2,2 hingga 2,7 persen. Indonesia tumbuh mendekati dua kali dari global,” tuturnya.

Dia menambahkan, dari sisi penanganan pandemi Covid-19 juga relatif baik di dalam negeri. Tingkat vaksinasi dosis pertama sudah 86,8 persen, dosis kedua mencapai 74,3 persen, dosis ketiga 28,62, dan dosis keempat mencapai 4 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto Pertumbuhan Ekonomi ekonomi
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top