Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mantul! Pertumbuhan Ekonomi di Tiga Wilayah Timur Ini Melejit

Menko Airlangga Hartarto mengatakan pertumbuhan ekonomi di tiga wilayah Indonesia Timur justru melejit.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  10:40 WIB
Mantul! Pertumbuhan Ekonomi di Tiga Wilayah Timur Ini Melejit
Pedagang sayur keliling di Papua. - Instagram @mas_sayur
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Aktivitas hilirisasi dalam industri pengolahan, pertambangan, dan penggalian dinilai berkontribusi dalam tingginya pertumbuhan ekonomi di tiga wilayah kawasan timur Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa secara umum, pertumbuhan ekonomi kuartal III/2022 mencapai 5,72 persen (year-on-year/YoY). Terdapat sejumlah wilayah dengan kinerja pertumbuhan di atas catatan nasional.

Kawasan Sulawesi mencatatkan pertumbuhan ekonomi 8,24 persen pada kuartal III/2022 atau menjadi yang tertinggi secara nasional. Pulau itu berkontribusi 7,11 persen terhadap perekonomian nasional.

Lalu, pertumbuhan ekonomi di Maluku dan Papua tercatat mencapai 7,51 persen pada kuartal III/2022, dengan kontribusi 2,43 persen secara nasional. Pertumbuhan ekonomi di Bali dan Nusa Tenggara pun mencapai 6,69 persen, dengan kontribusi 2,74 persen.

"Aecara spasial pertumbuhan di Sulawesi, Maluku, dan Papua tinggi. Ini akibat dari hilirasi mineral," ujar Airlangga dalam Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah 2022, Selasa (6/12/2022).

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi di kawasan Bali dan Nusa Tenggara tumbuh pesat akibat peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara. Seperti diketahui, sejumlah gelaran pertemuan G20 berlangsung di kedua wilayah itu sejak awal 2022.

Meskipun begitu, kontributor utama perekonomian Indonesia masih berasal dari Jawa, dengan porsi 56,3 persen terhadap ekonomi nasional. Pada kuartal III/2022, pulau itu mencatatkan pertumbuhan ekonomi 5,76 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto hilirisasi Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top