Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

TIket Kereta Libur Nataru Baru Terjual 12 Persen, Ini Penyebabnya

KAI menuturkan penyebab tiket kereta api libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru baru terjual 12 persen.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 28 November 2022  |  14:59 WIB
TIket Kereta Libur Nataru Baru Terjual 12 Persen, Ini Penyebabnya
Petugas melakukan perawatan lokomotif di Dipo Lokomotif di kawasan Stasiun Kereta Api (KA) Madiun, Jawa Timur, Kamis (14/4/2022). Seluruh lokomotif yang dioperasikan PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun diharapkan selesai menjalani perawatan sebelum memasuki masa angkutan lebaran guna menjamin keselamatan perjalanan KA. - Antara/Siswowidodo.\r\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan tiket kereta api untuk angkutan masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 masih tersedia atau baru terpesan sebanyak 12 persen dari kuota yang tersedia.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan sejak dibuka penjualannya pada 7 November 2022, tiket KA Jarak Jauh pada masa Nataru telah dipesan oleh masyarakat sampai dengan Senin 28 November 2022 adalah sebanyak 254.336 tiket atau masih 12 persen. Total tiket KA Jarak Jauh yang KAI sediakan pada Nataru ini yaitu lebih dari 2,14 juta tiket.

Menurut Joni, jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia.

“KAI melihat pergerakan masyarakat untuk periode Natal dan Tahun Baru tahun ini cukup stabil karena Hari Raya Natal tahun ini jatuh pada hari Minggu,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (28/11/2022).

Joni optimistis pengguna kereta api di masa angkutan Nataru tahun ini akan mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Dengan semakin membaiknya penanganan kasus Covid-19 di tanah air, maka mobilitas masyarakat juga semakin meningkat. Tentunya hal tersebut berimbas pada peningkatan pelanggan di masa nataru 2022/2023," tekannya.

Adapun pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini, KAI menerapkan masa angkutan Nataru adalah pada 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Sejauh ini tanggal favorit masyarakat menggunakan kereta api yaitu pada 23 Desember 2022 untuk arus mudik serta 1 Januari 2023 untuk arus balik.

Pada perjalanan 23 Desember 2022, tiket KA Jarak Jauh yang terjual yaitu sebanyak 31.020 tiket. Pada tanggal tersebut terdapat sejumlah KA yang keterisian tempat duduknya sudah di atas 90 persen yaitu seperti KA Airlangga relasi Pasarsenen - Surabaya Pasarturi, KA Mataram relasi Pasarsenen - Solo Balapan, KA Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung, KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar, dan lainnya.

Adapun pada perjalanan 1 Januari 2023, tiket KA Jarak Jauh yang terjual yaitu sebanyak 23.425 tiket. Pada tanggal tersebut terdapat sejumlah KA yang keterisian tempat duduknya sudah di atas 70 persen yaitu seperti KA Serayu relasi Purwokerto - Pasarsenen, KA Bangunkarta relasi Jombang - Pasarsenen, KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir, KA Kahuripan relasi Blitar - Kiaracondong, dan lainnya.

Untuk menggunakan Kereta Api Jarak Jauh, pelanggan berusia 18 tahun ke atas harus telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) dan pelanggan usia 6-17 telah vaksin kedua, sesuai SE Kementerian Perhubungan No.84/2022.

Terkait dengan aturan tersebut, KAI mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik. Pelanggan yang tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan akan ditolak naik kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Natal dan Tahun Baru kereta api pt kereta api indonesia tiket kereta api
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top