Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sambut Tamu Jokowi di G20, Bandara Ngurah Rai Telan Rp60 Miliar

Total anggaran yang dihabiskan untuk terminal VVIP di Bandara Ngurah Rai, Bali yaitu sekitar Rp60 miliar untuk menyambut tamu penting Jokowi di G20.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 11 November 2022  |  12:07 WIB
Sambut Tamu Jokowi di G20, Bandara Ngurah Rai Telan Rp60 Miliar
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap total anggaran untuk terminal VVIP di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali mencapai Rp60 miliar. - BISNIS / Afiffah Rahmah Nurdifa
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG - Pembangunan terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menelan anggaran hingga Rp60 miliar agar bisa menyambut tamu-tamu penting Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada KTT G20 di Bali.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkap anggaran tersebut bersumber dari APBN Kementerian PUPR yang menjadi salah satu infrastruktur pendukung gelaran internasional G20.

"Sekitar Rp60 miliar untuk terminal VVIP, itu dari APBN PUPR," kata Basuki kepada wartawan, Jumat (11/11/2022).

Untuk diketahui, pembangunan terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mulai dikerjakan sejak kontrak 14 Maret 2022 dan telah selesai 100 persen.

Pekerjaan pembangunan terminal VVIP Bandara Ngurah Rai dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR dengan anggaran sebesar Rp50,9 miliar.

Bangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki luas 1.713 meter persegi di atas lahan milik PT Angkasa Pura I. Bangunan gedung didesain dengan memadukan arsitektur kolonial dan ornamen kearifan lokal Bali.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo secara langsung meresmikan pembangunan terminal VVIP bandara tersebut pada Rabu (8/11/2022) yang diberi nama Kreta Bhawana Sanggaraha.

Konsep ini dipadukan dengan kerajinan khas Bali yang menghiasi bagian interior bangunan, seperti lukisan kamasan dan ukiran astalla padma bhuana pada bagian plafond utama, ukiran Bali utara dan Singa Ambara Raja pada pintu masuk utara (Gumendung).

Di samping itu, Basuki menegaskan bahwa kesiapan infrastrukur untuk menunjang perhelatan G20 telah 100 persen siap. Pemerintah saat ini tengah mengetatkan pengamanan selama penyelenggaraan berlangsung.

"Semua [infrastruktur G20] di sini pakai APBN PUPR dari Tahura, Bandara VVIP, Jalan, Kempinski," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara bandara ngurah rai Kementerian PUPR Menteri PUPR g20 KTT G20 Jokowi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top