Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Kereta Api Tabrakan di Stasiun Rengas Lampung, Jadwal KA Terganggu

PT KAI menyebut sejumlah jadwal perjalanan kereta terganggu akibat tabrakan 2 kereta api di Stasiun Rengas, Lampung pada Senin (7/11/2022).
Dua kereta api batu bara mengalami kecelakaan di Stasiun Rengas, Lampung pada Senin (7/11/2022) - Dok. Tangkapan Layar Twitter.
Dua kereta api batu bara mengalami kecelakaan di Stasiun Rengas, Lampung pada Senin (7/11/2022) - Dok. Tangkapan Layar Twitter.

Bisnis.com, JAKARTA – Kecelakaan yang melibatkan dua kereta api batu bara rangkaian panjang atau Babaranjang terjadi di Stasiun Rengas, Lampung Tengah pada Senin (7/11/2022).

Lokomotif dua kereta api batu bara bernomor Plb 3031 A dan Plb 3056 A, bertabrakan adu banteng atau secara head to head. Kecelakaan tersebut menyebabkan sejumlah jadwal perjalanan kereta terdampak.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang, Jaka Jarkasih menjelaskan kronologi kecelakaan KA tersebut. Dia menuturkan, kecelakaan terjadi akibat dua KA Babaranjang bertabrakan pada jalur atau rel yang sama yakni Jalur I.

Dia menuturkan, KA Babaranjang bernomor Plb 3031 A dari arah Stasiun Bekri bertabrakan dengan KA Babaranjang lain dengan nomor Plb 3056 A dari arah berlawanan yakni Stasiun Teginengneng.

"Pada pukul 02.25 WIB telah terjadi kecelakaan KA Babaranjang di Stasiun Rengas Senin (7/11) sekitar pukul 02.25 WIB dini hari. Akibatnya beberapa perjalanan kereta api keberangkatan dari dan menuju Stasiun Tanjungkarang ataupun Stasiun Baturaja, dibatalkan," ujar Jaka melalui keterangan resmi, Senin (7/11/2022).

Kecelakaan terjadi pada waktu dini hari ini yakni pukul 02.25 WIB. Tabrakan menyebabkan kerusakan dan anjlok pada lokomotif dan rangkaian gerbong batu bara.

Untuk itu, KAI Divre 4 saat ini masih fokus untuk menangani rangkaian kereta yang melintang hingga jalur 2. Hal itu dilakukan untuk mensterilkan jalur 2 agar bisa segera digunakan kembali oleh operasional perjalanan kereta lainnya.

"Kami masih fokus dengan penanganan evakuasi agar dalam waktu dekat jalur dapat kembali normal," ujar Jaka.

Terkait penyebab kejadian, Jaka mengatakan hal tersebut masih dalam penyelidikan. Dia menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jasa kereta api atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. 

Adapun, kecelakaan berimbas pada sejumlah perjalanan kereta. Contohnya, dikutip dari cuitan oleh PT KAI (@KAI121), KA Kuala Stabas keberangkatan hari ini dibatalkan sebagai imbas kecelakaan tersebut.

Untuk itu, pembatalan tiket dapat dilakukan di loket stasiun sampai dengan H+3 dari jadwal yang tertera di tiket. Sementara itu, refund dana atau pengembalian dana yakni sebesar 100 persen di luar biaya pesan.

"Kami pun memberikan kesempatan kepada penumpang yang akan membatalkan perjalanan dan pengembalian bea 100 persen," tulis akun @KAI121.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper