Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

2 Kereta Api Tabrakan di Stasiun Rengas Lampung, Ini Kronologinya

Dua Kereta api batu bara rangkaian panjang atau Babaranjang mengalami tabrakan di Stasiun Rengas, Lampung Tengah pada Senin pagi (7/11/2022).
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 07 November 2022  |  13:54 WIB
2 Kereta Api Tabrakan di Stasiun Rengas Lampung, Ini Kronologinya
Kecelakaan 2 Kereta api batu bara rangkaian panjang atau Babaranjang di Stasiun Rengas, Lampung Tengah pada Senin (7/11 - 2022) / Dok. Tangkapan layar Twitter.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dua Kereta api batu bara rangkaian panjang atau Babaranjang mengalami tabrakan di Stasiun Rengas, Lampung Tengah pada Senin pagi (7/11/2022).

Berdasarkan laporan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Divre 4, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan KA tersebut. Kepala Humas PT KAI Divre 4 Jaka Jarkasih menjelaskan kronologi kecelakaan KA yang terjadi dini hari ini pukul 02.25 WIB.

Dia mengatakan kecelakaan berawal saat dari arah stasiun Bekri, KA Babaranjang No. Plb 3031A melaju di jalur I Stasiun Rengas, kemudian datang berlawanan juga dari arah Stasiun Tegineneng yakni KA Babaranjang No.Plb 3056A. Keduanya sama-sama masuk jalur I Stasiun Rengas.

"Terima laporan PPKA Rengas (Rgs) PPKA Rgs saat melayani Plb 3031A dari arah Bekri (Bki) masuk jalur I Rgs, dari arah berlawanan Plb 3056A dari Tegineneng (Tgi) masuk ke di jalur I Rgs. Korban meninggal tidak ada. Tunggu info lanjut," demikian dikutip dari keterangan resmi KAI Divre 4, Senin (7/11/2022).

Jaka juga menjelaskan bahwa kecelakaan berimbas pada beberapa perjalanan kereta api keberangkatan dari dan menuju Stasiun Tanjungkarang ataupun Stasiun Baturaja yang dibatalkan. 

Tabrakan menyebabkan kerusakan dan anjlok pada lokomotif yang tabrakan dan rangkaian gerbong batu bara. Kemudian, rangkaian kereta juga melintang ke arah jalur 2.

Untuk itu, KAI Divre 4 saat ini masih fokus untuk menangani rangkaian kereta yang melintang hingga jalur 2. Hal itu guna mensterilkan jalur 2 agar bisa segera digunakan kembali oleh operasional perjalanan kereta lainnya.

"Kami masih fokus dengan penanganan evakuasi agar dalam waktu dekat jalur dapat kembali normal," ujar Jaka.

Terkait dengan penyebab kejadian, Jaka mengatakan hal tersebut masih dalam penyelidikan. Dia menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jasa kereta api atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. 

Adapun, kecelakaan berimbas pada sejumlah perjalanan kereta. Contohnya, dikutip dari cuitan oleh PT KAI (@KAI121), KA Kuala Stabas keberangkatan hari ini dibatalkan sebagai imbas kecelakaan di Stasiun Rengas itu.

Untuk itu, pembatalan tiket dapat dilakukan di loket stasiun sampai dengan H+3 dari jadwal yang tertera di tiket. Sementara itu, refund dana atau pengembalian dana yakni sebesar 100 persen di luar biaya pesan.

"Kami pun memberikan kesempatan kepada penumpang yang akan membatalkan perjalanan dan pengembalian bea 100 persen," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api kecelakaan kereta api pt kai lampung
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top