Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kementerian Perhubungan Siapkan Protokoler Bandara dan Pesawat G20

Pemerintah memperkirakan pergerakan pesawat jelang G20 tidak akan berubah signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasanya atau cenderung normal.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 01 November 2022  |  17:07 WIB
Kementerian Perhubungan Siapkan Protokoler Bandara dan Pesawat G20
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin (7/3/2022) pada hari pertama uji coba bebas karantina PPLN - Bisnis/Wibi Pangestu. 
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiagakan sebanyak 11 pesawat untuk menyambut datangnya pesawat delegasi G20.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto mengatakan sudah membentuk tim khusus yang mengatur dalam persiapan G20 dan mengatur dengan detail lokasi parkir pesawat. Menurutnya, tak semua pesawat Kepala Negara akan menginap di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

“Ada 11 bandara untuk datangnya pesawat. Nggak bisa menginap di situ. Ada daftarnya negara mana mana. Sudah berkoordinasi dengan Kemenlu untuk mengatur parkir dan portokoler,” ujarnya, Selasa (1/11/2022).

Novie memperkirakan pergerakan pesawat jelang G20 tidak akan berubah signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasanya atau cenderung normal. Novie menegaskan tidak adanya eliminasi rute penerbangan selama perhelatan G20.

“Kalau ada peningkatan memang penerbangan, kami akan melakukan retiming,” imbuhnya.

Lebih lanjut, terkait kesiapan sektor transportasi udara dalam perhelatan Presidensi Indonesia pada event G20 di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meminta seluruh maskapai agar tetap melakukan pelayanan penerbangan komersial secara optimal, dengan memperhatikan pembatasan operasi pada 14-18 November 2022.

Kebijakan ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Dirjen Perhubungan Udara No.11/2022 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT Presidency G20 Indonesia tahun 2022 di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai-Bali.

“Ketentuan tersebut untuk menyeimbangkan penerbangan VVIP beserta delegasi, dengan penerbangan regular,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat g20 kementerian perhubungan bali
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top