Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak! Ini Daftar 7 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Hingga saat ini tercatat sudah ada 2.500 kilometer jalan tol yang telah beroperasi di Indonesia. Berikut ini daftar 7 jalan tol terpanjang di Indonesia.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 12 Oktober 2022  |  15:36 WIB
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah secara masif membangun jalan tol sepanjang era pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Indonesia telah mencatatkan penambahan 1.756 kilometer jalan tol yang beroperasi sejak 2015-2022.

Sejak 2014 pemerintah telah secara agresif menambah panjang jalan tol baik yang ada di Pulau Jawa dengan akses Jalan Tol Trans Jawa dan juga di Pulau Sumatra dengan akses Jalan Tol Trans Sumatra. Selain itu, pemerintah juga membangun jalan tol di Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi.

Hingga September 2022, tercatat total pengoperasian jalan tol di Indonesia secara keseluruhan telah mencapai sepanjang 2.500 kilometer yang terbagi menjadi 68 ruas jalan tol dan 55 badan usaha jalan tol (BUJT).

Sejumlah ruas jalan tol tersebut tersebar di Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, hingga Pulau Sulawesi.

Sebelum pemerintahan Jokowi berakhir, ditargetkan ada penambahan 1.014 kilometer jalan tol baru yang akan beroperasi. Dengan demikian, total total panjang jalan tol yang dioperasikan hingga akhir pemerintahan Jokowi ditargetkan sekitar 3.500 kilometer.

Dari target tersebut, sejumlah ruas tol diperkirakan bakal siap beroperasi di tahun ini. Berdasarkan data BPJT Kementerian PUPR, ruas jalan tol baru yang direncanakan selesai hingga Desember 2022 adalah Cileunyi-Sumedang–Dawuan sepanjang 49,3 km, Ciawi-Sukabumi Seksi 2 sepanjang 11,9 km, Semarang–Demak Seksi 2 sepanjang 16,3 km, Cibitung-Cilincing (JORR II) Seksi 4 sepanjang 7,7 km.

Ruas lainnya adalah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (JORR II) Seksi 2A sepanjang 3,5 km, Jalan Tol Cinere–Jagorawi (JORR II) Seksi 3 sepanjang 5,5 km, Jalan Tol Serpong–Cinere (JORR II) Seksi 2, 3, 6, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 Segmen Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 km.

Selanjutnya, Jalan Tol Sigli–Banda Aceh Seksi 5 dan 6 sepanjang 12,5 km, dan Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat seksi 1 dan 2 sepanjang 38,5 km.

Lantas, dari seluruh jalan tol yang telah dibangun, manakah jalan tol terpanjang di Indonesia?

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol Jokowi tol trans sumatra tol trans jawa
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top