Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wah! Jasa Marga (JSMR) akan Bangun Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) akan membangun proyek jalan tol terpanjang di Indonesia yaitu tol Gedebage - Cilacap.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 22 Juni 2022  |  14:18 WIB
Kendaraan melintas di dekat logo PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta, Kamis (20/1/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Kendaraan melintas di dekat logo PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta, Kamis (20/1/2022). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) akan membangun proyek jalan tol terpanjang di Indonesia yaitu tol Gedebage - Cilacap dengan total panjang mencapai 206,65 kilometer.

Jasa Marga menargetkan dapat memulai proses konstruksi Jalan Tol Gedebage-Cilacap pada pertengahan 2023. Proses persiapan pembangunan masih terus dikejar hingga saat ini.

Direktur Utama PT Jasamarga Gedebage Cilacap Johannes Mancelly menjelaskan pihaknya tengah memasuki tahap inventarisasi lahan untuk pembangunan jalan tol tersebut. Progres ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya penetapan lokasi (penlok) oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Dia menjelaskan penlok yang telah diterbitkan pada Februari 2022 tersebut mencakup wilayah Gedebage hingga Garut utara. Proses identifikasi dan pematokan yang masuk dalam Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara Jalan Tol Gedebage - Cilacap untuk wilayah kota Bandung dan Kabupaten Garut telah selesai dilakukan.

“Menindaklanjuti hal tersebut, hingga saat ini progres kebutuhan lahan untuk Kota Bandung dan Kabupaten Garut sudah dalam proses inventarisasi. Sementara itu, untuk Kabupaten Bandung, saat ini masih dalam proses penerbitan surat keputusan pembentukan tim pengadaan tanah,” ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa (21/6/2022).

Berikut fakta-fakta terkait rencana pembangunan tol Gedebage - Cilacap yang akan dibangun Jasa Marga (JSMR):

1. Target Konstruksi

Jasa Marga berharap proses pengadaan lahan untuk Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara Jalan Tol Gedebage-Cilacap berjalan sesuai dengan target. Dengan demikian, diharapkan konstruksi untuk Seksi 1 tol tersebut ini dapat dimulai pada Triwulan II/2023.

Johannes mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam mempercepat penyelenggaraan pembangunan Jalan Tol Gedebage-Cilacap. 

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur jalan tol jasa marga jsmr
Editor : Fitri Sartina Dewi

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top