Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Digital Berkembang hingga US$145 Miliar pada 2025

Sri Mulyani menyebut bahwa ekonomi digital dapat memberikan nilai tambah yang besar bagi Indonesia.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 10 Oktober 2022  |  21:19 WIB
Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Digital Berkembang hingga US$145 Miliar pada 2025
Menteri Keuangan Sri Mulyani di sidang paripurna DPR RI, Kamis (30/9/2022) - Youtube TV Parlemen
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakini bahwa ekonomi industri digital akan terus berkembang hingga nilainya mencapai US$145 miliar pada 2025, sehingga berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian Indonesia.

Menurutnya, ekonomi digital yang saat ini terus berkembang pesat menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sri Mulyani menyebut bahwa ekonomi digital dapat memberikan nilai tambah yang besar bagi Indonesia.

Dia meyakini bahwa ekonomi digital akan terus tumbuh, melebihi catatan 2021 yang nilainya mencapai US$70 miliar. Proyeksinya, pada 2025 nilai ekonomi digital dapat mencapai US$145 miliar, atau tumbuh lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.

"Ekonomi digital tentu tidak hanya identik dengan perusahaan startup dan e-commerce, namun ini juga mencakup berbagai entitas yang sebelumnya sudah well-established dengan cara kerja konvensional dan sekarang beralih ke digital,” ujar Menkeu pada Senin (10/10/2022).

Sri Mulyani tidak menampik bahwa perkembangan teknologi menyimpan risiko besar, mulai dari distorsi hingga dirsupsi. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan platform dan integrasi berbagai proses bisnis, misalnya di kalangan pemerintaan melalui penataan administrasi dan pengelolaan anggaran.

"Kita juga terus memperbaiki dengan membuat berbagai terobosan termasuk di dalamnya penggunaan teknologi digital yang dapat menghemat anggaran secara signifikan," ujar Sri Mulyani.

Dia menyebut bahwa kemajuan ekonomi digital harus sejalan dengan upaya mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Hal tersebut mencakup aspek sosial dan lingkungan, yang juga berkaitan dengan ancaman krisis iklim karena dapat berdampak terhadap perekonomian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani ekonomi digital menteri keuangan
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top