Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daya Beli Masyarakat Menurun, Indef: Hanya Sementara

Ekonom Indef melihat kondisi penurunan daya beli hanya akan berlangsung sementara waktu.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 10 Oktober 2022  |  20:26 WIB
Daya Beli Masyarakat Menurun, Indef: Hanya Sementara
Konsumen memilih barang kebutuhan di salah satu gerai supermarket Giant di Jakarta, Minggu (23/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada September 2022 sebesar 117,2 atau menurun dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 124,7.

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang diterapkan pada awal September lalu menjadi pemicu rendahnya daya beli masyarakat. Ini dipertegas dengan anjloknya tingkat konsumsi oleh seluruh masyarakat, utamanya kelas menengah dengan tingkat pengeluaran Rp4,1 juta hingga Rp5 juta per bulan.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti menilai daya beli masyarakat yang menurun tersebut tidak mengejutkan lantaran kenaikan harga BBM sudah pasti berdampak terhadap sektor lain seperti biaya transportasi yang juga berdampak pada komponen biaya produksi yang membentuk harga jual barang.

Sehingga, kata dia, tidak heran jika pengeluaran masyarakat pun meningkat dan konsumsi masyarakat akan melemah akibat kenaikan harga BBM.

Kendati demikian, dia melihat kondisi hanya akan berlangsung sementara waktu.

“Namun ini hanya berlangsung sebentar,” kata Esther kepada Bisnis, Senin (10/10/2022).

Menurut dia, akan ada penyesuaian-penyesuaian setelahnya seperti upah pekerja yang dinaikkan, substitusi barang lain, dan lainnya.

Selain itu, dalam rangka menguatkan daya beli masyarakat kelas menengah, dia mengatakan pemerintah perlu memberikan bantuan langsung tunai seperti yang tengah direncanakan pemerintah, melakukan operasi pasar misalnya dengan menjual barang kebutuhan pokok di pasar dengan harga yang lebih murah serta memberikan subsidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indef indeks keyakinan konsumen ekonomi Bank Indonesia
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top