Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Langganan Banjir, Pemerintah akan Bangun Jembatan di Tol BSD

Pemerintah akan membangun jembatan selebar 20 meter untuk mengantisipasi banjir di Tol BSD yang akan rampung pada Mei 2023.
Jalan Tol Pondok Aren–Serpong di Banten./ NusantaraInfrastructure.com
Jalan Tol Pondok Aren–Serpong di Banten./ NusantaraInfrastructure.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian PUPR akan membangun jembatan sebagai upaya mengantisipasi banjir pada KM 08 di Ruas Tol Pondok Aren-Serpong. Pembangunan jembatan tersebut ditargetkan rampung pada Mei 2023.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan pembangunan jembatan dilakukan untuk mengganti fungsi box culvert yang saat ini dijadikan upaya penanganan pertama untuk menyelesaikan masalah kenaikan muka air di ruas tol tersebut.

"Jadi nanti box culvert ini akan kita ganti dengan jembatan selebar 20 meter dengan memberikan keleluasaan untuk aliran Sungai Cibenda dan kita tinggikan setinggi 2 meter," kata Hedy saat konferensi pers di Kompleks Kementerian PUPR, Rabu (5/10/2022).

Adapun box culvert yang digunakan saat ini memiliki dimensi 2 x 4,5 meter dan tinggi 2,5 meter. Namun, banjir tak terbendung akibat terjadinya perubahan pola aliran sungai Cibenda.

Tak hanya jembatan, Kementerian PUPR juga melakukan konstruksi lain mulai dari meninggikan badan jalan tol setinggi 2 meter pada KM 08 yang terbentang sepanjang 459 meter, membangun kolam retensi dengan kapasitas 7.700 meter kubik, dan membersihkan sedimen sungai di area box culvert.

Untuk diketahui, banjir di Tol Pondok Aren-Serpong pada Selasa (4/10/2022) lalu telah merendam jalanan setinggi 90 cm. Hedy meyakini jika konstruksi tersebut telah selesai, maka dapat mengeringkan 1,5 hektare jalan.

"Sejauh mana upaya ini dilaksanakan? Sekarang sudah berjalan, rencananya akan selesai di Mei tahun depan. Sebelumnya target kita musim hujan ini selesai, tapi karena satu dan lain hal permasalahan, sehingga progres saat ini masih 30an persen," ujarnya.

Lebih lanjut, Hedy menerangkan saat ini pekerjaan konstruksi tersebut telah mencapai progres 31,89 persen per September 2022. Pekerjaan tahap I (Arah Jakarta) disebut akan selesai akhir tahun ini, sedangkan pekerjaan tahap II (Arah BSD) akan selesai pada Mei 2023 mendatang oleh kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper