Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Breaking News! Inggris Lolos dari Resesi, Ekonomi Tumbuh 0,2 Persen di Kuartal II/2022

Kantor Statistik Nasional Inggris mencatat produk domestik bruto (PDB) Inggris tumbuh 0,2 persen pada kuartal II/2022 dibandingkan kuartal sebelumnya.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Ekonomi Inggris lolos dari jurang resesi meskipun biaya hidup melonjak setelah mencatatkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2022.

Dilansir Bloomberg pada Jumat (30/9/2022), Kantor Statistik Nasional Inggris mencatat produk domestik bruto (PDB) Inggris tumbuh 0,2 persen pada kuartal II/2022 dibandingkan kuartal sebelumnya (quarter-to-quarter/qtq), melampaui proyeksi analis yang memperkirakan kontraksi 0,1 persen.

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy), PDB Inggris tumbuh 4,6 persen, melampaui proyeksi analis yang memperkirakan kontraksi 4,1 persen.

Selain itu, Inggris juga mencatat penurunan defisit neraca transaksi berjalan menjadi 33,8 miliar poundsterlins (US$37,6 miliar) pada kuartal II/2022.

Pertumbuhan PDB kuartal II/2022 berarti ekonomi sedang tidak dalam resesi teknis, seperti yang diperkirakan banyak orang.

Namun, kontraksi kemungkinan akan dimulai pada kuartal III/2022 ketika output diperkirakan melemah menyusul hari libur bank ekstra untuk pemakaman Ratu Elizabeth, dan penurunan lebih lanjut kemungkinan terjadi dalam dua kuartal berikutnya.

Berita itu akan disambut baik oleh pemerintah yang telah terpukul oleh pelemahan poundsterling dan krisis keuangan sejak pengumuman rencana pemangkasan pajak oleh pemerintahan Perdana Menteri Liz Truss.

Sementara itu, poundsterling kembali menguat mendekati level pekan lalu saat Menteri Keuangan Inggris Kwasi Kwarteng mengumumkan kebijakan pemotongan pajak yang menyeret mata uang ke rekor pelemahan terdalam.

Poundsterling terpantau menguat 0,37 persen ke level US$1.158 pada pukul 12.38 WIB. Pound telah menguat hampir 8 persen dari level terendah sepanjang masa di US$1,0350 yang dicapai pada Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper