Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PUPR: Konstruksi Bendungan Sepaku Semoi di IKN Rampung Tahun Ini

Kementerian PUPR menargetkan konstruksi Bendungan Sepaku Semoi di IKN, Kalimantan Timur rampung pada tahun ini.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 30 September 2022  |  09:37 WIB
PUPR: Konstruksi Bendungan Sepaku Semoi di IKN Rampung Tahun Ini
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Presiden Jokowi, dan Ketua DPR Puan Maharani meninjau lokasi Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Rabu (22/6 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengebut pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Negara (IKN), Kalimantan Timur agar selesai pada tahun ini.

Direktur Bendungan dan Danau Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Airlangga Mardjono mengatakan bendungan tersebut tengah didorong agar dapat selesai konstruksinya pada tahun ini.

"Sepaku Semoi targetnya tahun depan, tapi sedang diupayakan untuk percepatan tahun ini bisa diselesaikan strukturnya," ujarnya kepada Bisnis saat ditemui di Kawasan TMII, Rabu (28/9/2022).

Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR Jarot Widyoko menargetkan hingga akhir tahun nanti Bendungan Sepaku Semoi sudah diapat dilakukan pengisian awal atau impounding.

Dengan begitu, Bendungan Sepaku Semoi dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menghadapi musim hujan pada 2023 mendatang.

Dia menjelaskan untuk progress konstruksi Bendungan Sepaku Semoi telah mencapai 63,5 persen.

"Target saya, Desember itu harusnya sudah impounding (pengisian awal) sudah kita tutup nanti pemanfaatannya mungkin nanti Maret-April sudah selesai. Ini kita menyiapkan kebutuhan dasar buat di IKN," ungkapnya.

Bendungan yang memiliki luas genangan 280 hektare dan kapasitas tampung 10,6 juta m3 itu direncanaka untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan.

Selanjutnya dengan adanya IKN akan dioptimalkan untuk penyediaan air baku berkapasitas 2.500 liter per detik dan mereduksi banjir 55 persen.

Bendungan Sepaku Semoi dikerjakan dengan skema kontrak tahun jamak hingga 2023 senilai Rp556 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya- PT Sacna-dan PT BRP (KSO).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bendungan IKN Kementerian PUPR
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top