Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Baru 108 RDTR yang Telah Terintegrasi dalam Sistem OSS RBA

Sayangnya, Masih ada 1.730 RDTR lagi yang belum terintegrasi dalam sistem OSS RBA.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 29 September 2022  |  07:36 WIB
Baru 108 RDTR yang Telah Terintegrasi dalam Sistem OSS RBA
Suasana deretan gedung bertingkat dan perumahan padat penduduk di Jakarta, Senin (4/7/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 108 Rencana Detail Tata Ruang atau RDTR telah terintegrasi di dalam sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) dari total target 1.838 (RPJMN 2020-2024).

Itu artinya, masih ada 1.730 RDTR lagi yang belum terintegrasi dalam sistem OSS RBA.

Tak hanya itu, ini juga menunjukkan bahwa masih banyak proses perizinan yang belum otomatis diterbitkan melalui layanan berbasis online yang terintegrasi, terpadu dengan perizinan berbasis risiko atau OSS RBA.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Albertien Enang Pirade menilai ketersediaan RDTR untuk tiap kabupaten/kota menjadi kunci utama kemudahan pengajuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang atau KKPR pada OSS RBA. 

Selain itu, apabila RDTR telah terintegrasi ke OSS RBA, maka ini akan memudahkan investor baik dari dalam maupun luar negeri, pelaku usaha besar, dan UMKM untuk mendapatkan perizinan sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

“Ketersediaan RDTR Digital tidak hanya memberikan kemudahan dalam pengajuan KKPR, tapi juga memberikan instrumen kontrol dan pengendalian tata ruang,” kata Albertien dalam keterangan resmi, Rabu (28/9/2022).

Melihat fakta tersebut, KSP bersama dengan Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian ATR/BPN pada Rabu (28/9/2022) melakukan rapat koordinasi dalam rangka mendorong percepatan penyusunan RDTR untuk mendukung kemudahan berusaha.

Perlu diketahui, RDTR merupakan acuan pemberian izin pemanfaatan ruang bagi masyarakat dan pelaku usaha.

Selain itu, RDTR juga memberikan kepastian penetapan lokasi/zonasi dan menjamin fungsi ruang untuk investasi, serta menjamin agar penyediaan fasilitas umum dan pembangunan infrastruktur lebih terencana dan partisipatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rdtr perizinan bkpm
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top