Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ayam Potong Surplus 903.267 Ton, Pengusaha Bisa Manfaatkan Resi Gudang

Pengusaha dinilai bisa memanfaatkan resi gudang terkait dengan proyeksi produksi ayam potong yang surplus.
Ilustrasi resi gudang./ Dok. Istimewa
Ilustrasi resi gudang./ Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kliring Berjangka Indonesia menyarankan kepada pengusaha untuk memanfaatkan resi gudang mengingat produksi ayam potong diproyeksikan surplus sebesar 903.267 ton pada tahun ini.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, proyeksi produksi daging ayam pada 2022 mencapai 4,098 juta ton, terdiri dari 20.000 ton stok awal tahun dan total produksi 2022 diperkirakan mencapai 4,078 juta ton. Sementara untuk total kebutuhan secara nasional tahun ini diperkirakan mencapai 3,195 juta ton.

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia Fajar Wibhiyadi mengatakan sebaiknya para pengusaha ayam potong memanfaatkan resi gudang.

Dengan instrumen ini, para pengusaha dapat menyimpan ayam potongnya dalam bentuk ayam karkas beku. Selanjutnya pengusaha dapat menjaminkan resi gudang yang dimiliki untuk mendapatkan pembiayaan dari lembaga pembiayaan.

“Dengan mekanisme ini, pengusaha ayam potong dapat menjaga keberlangsungan usahanya, setelah memperoleh pembiayaan” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (21/9/2022).

Dia menilai dengan adanya pemahaman yang baik tentang resi gudang dari para pelaku industri ayam potong, pemanfaatan resi gudang ayam karkas beku akan terus meningkat.

Sementara itu, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditas Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Widiastuti telah menawarkan pemanfaatan Sistem Resi Gudang ayam dalam bentuk ayam karkas sebagai jalan agar Integrator BUMN.

Dalam hal ini PT Berdikari, yang juga telah mendapatkan Persetujuan sebagai Pengelola Gudang mampu membangun ekosistem perunggasan yang mampu menyerap produk peternak mandiri dengan harga yang pantas.

Dia menambhakan terdapat dua macam bisnis model yang ditawarkan melalui pemanfaatan SRG untuk meminimalisir peliknya permasalahan tata niaga ayam potong.

Pertama adalah pemanfaatan SRG di sisi hulu, yakni untuk mengatasi mahalnya harga pakan ayam dapat memanfaatkan gudang SRG sebagai tempat penyimpanan bahan baku pakan yaitu jagung.

Dengan adanya kepastian stok bahan baku, maka diharapkan harga pakan ayam relatif lebih stabil.

Kedua adalah pemanfaatan di sisi hilir, integrator menyediakan gudang Cold Storage untuk penyimpanan ayam karkas beku milik peternak mandiri agar mereka dapat memanfaatkan Pembiayaan SSRG yang diberikan melalui Lembaga Keuangan non bank sesuai dengan PMK No. 187/2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper