Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi, Pelabuhan Patimban Layani Trayek Kapal Tol Laut

Kemenhub memastikan Pelabuhan Patimban akan melayani kapal dengan trayek Tol Laut untuk menciptakan jalur perdagangan baru dari dan menuju Jawa Barat.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 15 September 2022  |  12:40 WIB
Resmi, Pelabuhan Patimban Layani Trayek Kapal Tol Laut
Foto udara suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (7/9/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat secara resmi telah menjadi salah satu pelabuhan singgah Tol Laut trayek T-3.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha menjelaskan dengan dijadikannya Pelabuhan Patimban sebagai pelabuhan singgah pada trayek T-3 maka diharapkan akan terciptanya jalur perdagangan baru dari dan menuju wilayah Provinsi Jawa Barat.

"Diharapkan dengan adanya trayek tersebut, hasil bumi maupun produk-produk daerah lainnya dapat didistribusikan ke luar daerah yang membutuhkan, begitupun sebaliknya kebutuhan pokok daerah Provinsi Jawa Barat diharapkan juga dapat terpenuhi," ujarnya, dikutip, Kamis (15/9/2022).

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Hendri Ginting mengungkapkan Pelabuhan Patimban menjadi pelabuhan singgah dari trayek T-3 dengan rute pelayanan yang berpangkalan di Tj. Priok - Kijang – Letung – Tarempa – Pulau Laut – Selat Lampa – Subi – Serasan – Midai – Kijang – Patimban dan kembali lagi ke Tj. Priok.

Trayek ini dilayani oleh Kapal KM. Logistik Nusantara 4 dengan kapasitas daya angkut mencapai 115 Teus, dengan waktu tempuh kurang lebih 3 minggu.

Seperti diketahui, Pelabuhan Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang kini hadir melayani masyarakat dengan tambahan pelayanan baru yaitu program Tol Laut.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban, Yan Prastomo Ardi mengungkapkan pada pelayaran perdananya ini KM Logistik Nusantara 4 mengangkut sebanyak 5 kontainer dari Pelabuhan Patimban yang diangkut ke daerah 3TP di wilayah Kepri dan Natuna.

"Ini baru pelayaran perdana, ke depannya Tol Laut akan mengangkut komoditas lain seperti minyak goreng maupun hasil pertanian dan hasil panen daerah Subang dan diharapkan menjadi muatan rutin Tol Laut dari Patimban," ujarnya.

Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra berharap hal ini dapat memberikan kontribusi dalam distribusi logistik terutama ke wilayah 3TP sehingga dapat menekan disparitas harga.

Seperti diketahui, KM Logistik Nusantara 4 ini tiba untuk pelayanan Tol Laut perdana di Pelabuhan Patimban pada 13 September pukul 06.00 WIB dan diberangkatkan kembali pada 14 September 2022 jam 17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tol Laut pelabuhan patimban Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top