Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Harga Bawang Merah Ada Tren Penurunan, Hari Ini Rp36.400 per kg

Sempat naik setelah pengumuman harga BBM, bawang merah menunjukkan tren penurunan.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 08 September 2022  |  15:13 WIB
Harga Bawang Merah Ada Tren Penurunan, Hari Ini Rp36.400 per kg
Petani mengeringkan bawang merah setelah dipanen di Kampung Cicayur, Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/5/2019). - ANTARA/Raisan Al Farisi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Harga bawang merah terpantau terus mengalami penurunan tipis setelah sempat naik pasca kenaikan harga BBM. Pada hari ini, Kamis (8/9/2022) pukul 14.00 WIB, harga bawang merah di angka Rp36.400 per kilogram (kg).

Berdasarkan laporan di Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) harga bawang merah pada hari ini turun 0,41 persen atau Rp150 menjadi Rp36.400/kg dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Sementara berdasarkan pantauan dalam satu minggu terakhir, harga bawang merah bertengger di level Rp36.000 an, dan sempat naik namun tidak signifikan, menuju Rp36.700/kg, setelah pengumuman kenaikan harga BBM.

Meski telah menunjukkan penurunan, nilai tersbeut belum sesuai dengan yang diharapkan pedagang. Sebelum terjadi tren kenaikan harga, normalnya bawang merah per kilo dibanderol seharga Rp25.000 per kg.

Sementara harga acuan dari Kementerian Perdagangan yakni Rp32.000/kg, harga tersebut telah jauh lebih rendah dibandingkan dengan dua bulan lalu yang sempat mencapai Rp64.500 per kg.

Kementerian Perdagangan mengungkapkan bawha penurunan yang terjadi seiring dengan kenaikan pasokan bawang merah di 20 pasar induk pantauan Kemendag serta bertambahnya pasokan dari sentra produksi.

Pada akhir Agustus 2022 pasokan bawang merah terpantau sebanyak 613,42 ton atau 1,31 persen di atas pasokan normal. Dapat dikatakan jumlah pasokan hanya surplus tipis.

Kemendag pun mendorong para petani untuk memanfaatkan fasilitas sistem resi gudang (SRG) berteknologi CAS di daerah sentra produksi dan meningkatkan pemanfaatan pasar lelang komoditas agro.

Sementara itu, untuk harga bawang putih telah terpantau mendekati harga normal. Per hari ini naik 0,52 persen menjadi Rp28.800/kg, sedangkat menurut pedagang harga normal di angka Rp20.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bawang merah pangan harga pangan Harga BBM BBM
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top