Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Telur Masih Mahal, Janji Mendag Turunkan Harga Meleset

Harga telur terpantau masih tinggi hampir menyentuh Rp32.000 per kg. Padahal Mendag menjanjikan harga telur turun dalam 2 pekan.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/7/22) pagi - BISNIS/Annasa Rizki Kamalina.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/7/22) pagi - BISNIS/Annasa Rizki Kamalina.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan sebelumnya menargetkan harga telur ayam dapat turun hingga kisaran Rp27.000-Rp28.000 per kilogram dalam dua pekan.

Namun, sejak pernyataan tersebut dilontarkan Mendag pada 26 Agustus lalu hingga saat ini Rabu (7/9/2022), harga telur terpantau masih tinggi yaitu hampir menembus Rp32.000 per kg.

Diberitakan sebelumnya, Mendag melaporkan harga telur saat ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melambung ke harga Rp31.000 per kilogram (kg) tergolong mahal.

“Saya laporkan juga. Memang sekarang Rp31.000 tetapi waktu saya duduk [jadi Mendag] itu Rp32.000 sekarang Rp31.000 [per kg]. Sempat turun hingga Rp26.000 Rp25.000. Harga sedang itu Rp27.000 - Rp28.000 untung yang peternaknya. Kalau Rp31.000 itu kemahalan,” ujarnya usai Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Sebelum bertemu dengan Jokowi pada Ratas tersebut, Zulhas telah lebih dahulu menggelar pertemuan dengan para peternak ayam petelur terkait kondisi sebenarnya yang terjadi di kandang.

Untuk itu, Zulhas berharap dari pertemuannya bersama peternak, harga telur dapat kembali normal dalam 2 minggu ke depan.

Penyebab Harga Telur Naik

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjelaskan kenaikan harga telur ayam ras disebabkan oleh supply yang belum normal akibat afkir dini saat harga jatuh yang dilakukan peternak untuk mengurangi beban produksi dan kerugian.

Kemendag menyatakan replacement atau penggantian stok diperkirakan membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mencapai performa optimal. Sementera dari sisi permintaan, kenaikan permintaan akibat pulihnya kegiatan dan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, mengingat stok masih cukup terbatas, Mendag Zulhas menyampaikan di tengah inflasi harga-harga saat ini, pemerintah daerah diminta terlibat aktif dalam upaya menstabilkan harga, salah satunya dengan subsidi transportasi untuk mobilisasi telur ayam.

“Bahkan rapat kabinet terakhir kalau tidak terkendali harganya lebih dari 10 persen naik bupati boleh menggunakan dana cadangan untuk membantu transportnya. Misalnya ini telur kan dari Kendal jauh nah itu Pemerintah DKI membantu subsidi dana cadangan,” kata Mendag Jumat (2/9/2022).

Harga Telur Saat Ini

Berdasarkan pantauan di Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) pukul 10.32 WIB, harga telur ayam ras naik 3,23 persen atau Rp1.000 menjadi Rp31.950/kg.

Pada Senin lalu, harga telur sudah sempat mengalami penurunan ke angka Rp29.000 per kg, tapi hari ini kembali mengalami kenaikan.

Melihat tren perkembangan harga telur dalam satu minggu terakhir terpantau berada di angka kisaran Rp30.950 hingga Rp31.950 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper