Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Sambut Kapal Pesiar Asing, Pelindo: Perdana Sejak Covid-19

Pelindo menuturkan kunjungan kapal pesiar asing dari Australia ini merupakan yang perdana sejak Covid-19.
Ilustrasi kapal pesiar./Bloomberg
Ilustrasi kapal pesiar./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) menyebut Indonesia akan menerima kunjungan perdana kapal pesiar Laperouse asal Australia sejak pandemi Covid-19.

Regional Head III Pelindo Ardhy Wahyu Basuki menuturkan kapal pesiar dengan panjang 131 meter tersebut direncanakan akan membawa sekitar 70 wisatawan mancanegara dan dijadwalkan akan tiba perdana di Pelabuhan Kalabahi, Nusa Tenggara Timur pada 16 September 2022.

Selanjutnya kapal pesiar tersebut akan melanjutkan perjalanan ke sejumlah pelabuhan dan kota Indonesia salah satunya adalah di Pelabuhan Benoa pada 19 September.

“Ini adalah momentum yang sangat kita tunggu setelah hampir 2 tahun ini kita tidak menerima kunjungan kapal akibat pandemi," ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (3/9/2022).

Kesiapan dalam menyambut kunjungan perdana kapal pesiar tersebut dilakukan dengan mempercepat Bali Maritime Tourism Hub (BMTH). Pihaknya juga telah melakukan persiapan dan koordinasi dengan berbagai pihak dalam menyiapkan infrastruktur operasional hingga pedoman protokol kesehatan bagi wisatawan asing.

Ardhy menuturkan selama kurun waktu pada tahun ini sudah menerima sedikitnya 39 rencana kunjungan kapal pesiar. Sementara jumlah tersebut meningkat cukup signifikan pada 2023 dengan total 125 bookingan kapal atau rencana kunjungan kapal pesiar.

“Benar saat ini kami sudah mendapatkan sejumlah rencana kunjungan kapal pada 2022 dan 2023, ini harus kita persiapkan dengan baik sehingga bisa memberikan dampak kepada ekonomi wisata di Indonesia," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper