Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Badan Pangan Nasional Bakal Operasi Pasar Jika Harga Telur Tinggi

Badan Pangan Nasional atau National Food Agency bakal mengambil langkah intervensi apabila harga telur ayam di pasaran tidak kunjung mengalami penurunan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 30 Agustus 2022  |  23:29 WIB
Badan Pangan Nasional Bakal Operasi Pasar Jika Harga Telur Tinggi
Pedagang menunjukkan telur di Jakarta, Minggu (31/7/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Pangan Nasional atau National Food Agency bakal mengambil langkah intervensi apabila harga telur ayam di pasaran tidak kunjung mengalami penurunan.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan apabila harga telur ayam bertahan di level Rp30.000 per kg dalam sepekan terakhir, makan akan dilakukan operasi pasar.

“Apabila minggu ini harga tidak bergerak turun kita akan lakukan intervensi melalui operasi pasar. Diharapkan bisa turun bahkan lebih cepat dari targetnya Presiden,” ucapnya via siaran pers, Selasa (30/8/2022).

Dia mengatakan Badan Pangan Nasional telah mengumpulkan seluruh asosiasi guna membahas dan merumuskan komposisi pembentukan harga telur ayam yang benar.

Sejumlah pihak yang dikumpulkan antara lain peternak ayam petelur, pedagang telur ayam, peternak ayam boiler, produsen jagung, perwakilan pemerintah daerah sentra produksi jagung dan unggas.

Kemudian, kementerian/lembaga (K/L) terkait seperti Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Menurut Arief, ada beberapa faktor yang mendorong kenaikan harga telur ayam. Pertama, adalah kenaikan harga pakan yang dipengaruhi oleh ketersediaan dan stabilitas harga komoditas jagung.

Kedua, tingginya harga telur ayam adalah adalah proses distribusi yang sedang mengalami peningkatan biaya dan sangat berpengaruh baik kepada pedagang maupun distributor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

badan pangan nasional (BPN) telur Pasar Tradisional peternakan
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top