Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Energi dan Pangan Global Masih Tinggi, BI Waswas Inflasi Lampaui Perkiraan

Tingkat inflasi hingga akhir 2022 berpotensi melebihi batas atas sasaran target BI yang ditetapkan sebesar 2—4 persen.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  10:50 WIB
Harga Energi dan Pangan Global Masih Tinggi, BI Waswas Inflasi Lampaui Perkiraan
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memberikan keterangan dalam konferensi pers triwulanan KSSK di Jakarta, Senin (1/8 - 2022). Dok: Youtube Kemenkeu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan bahwa kenaikan inflasi ke depan masih perlu terus diwaspadai.

Perry memperkirakan, tingkat inflasi hingga akhir 2022 berpotensi melebihi batas atas sasaran target BI yang ditetapkan sebesar 2—4 persen.

Tingginya kenaikan inflasi tersebut kata dia disebabkan oleh dua faktor. Dari sisi eksternal, kenaikan inflasi di dalam negeri terdorong oleh lonjakan harga energi dan pangan yang masih tinggi di pasar global.

Sementara dari sisi domestik, kenaikan inflasi juga disebabkan oleh gangguan pasokan akibat gangguan cuaca dan adanya kesenjangan pasokan di sejumlah daerah.

“Perkiraan ini terutama disebabkan masih tingginya harga energi dan pangan global, gangguan cuaca, serta kesenjangan pasokan antar waktu dan antar daerah,” katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022).

Di samping itu, Perry mengatakan kenaikan permintaan di dalam negeri juga diperkirakan turut mendorong kenaikan inflasi ke depan.

Dia memandang, perlunya langkah konkret bersama dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk mengendalikan tekanan inflasi pangan, mendorong produksi, serta mendukung ketahanan pangan nasional, terutama untuk mendorong keberlanjutan pemulihan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi tekanan inflasi Bank Indonesia
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top