Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusun Tanjung Lesung Tampung 252 Pekerja, Ini Pesan Kementerian PUPR

Rusun pekerja Tanjung Lesung yang telah dibangun PUPR akan diisi oleh 252 pekerja dari Banten West Java Tourism Development (TDC).
Ilustrasi Rumah Susun Pasar Rumput di Jakarta./Antara/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi Rumah Susun Pasar Rumput di Jakarta./Antara/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru saja menyelesaikan rumah susun (rusun) untuk pekerja di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten. Rusun tersebut dibuat untuk menampung 252 pekerja dari Banten West Java Tourism Development (TDC).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan selaku Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja meminta agar rusun senilai Rp21,1 miliar tersebut dikelola dan dirawat dengan baik. Sebab, pembangunan rusun merupakan upaya untuk mendorong pengembangan KEK agar lebih efektif dan efisien bagi pekerja.

"Saya meminta betul-betul dirawat rusunnya, dan juga dibuat lebih teduh karena Rusun ada di kawasan pantai. Selain itu perlu dibangun satu sarana yang penting untuk jalur evakuasi bencana, karena di kawasan ini pernah ada tsunami," kata Endra dalam keterangan resminya, Selasa (9/8/2022).

Rusun tersebut dikembangkan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Lesung sejak tahun 2021-2022 dengan luas 2.950 meter persegi. Tak hanya mendirikan bangunan fisik, KemenPU juga menyediakan furniture seperti lemari, tempat tidur, meja, dan kursi di setiap unit. Adapun total anggaran yang dikeluarkan yaitu Rp 21,1 miliar.

"Rusun ini bisa untuk para pekerja, pemandu wisata, dan pekerja kuliner maupun pekerja lainnya yang berada di kawasan Tanjung Lesung," jelasnya.

Endra memantau secara langsung rusun tersebut setelah progres selesai bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita. Dalam kesempatan yang sama, Irna berterima kasih secara langsung kepada Kementerian PUPR atas pembangunan rusun pekerja tersebut.

"Pekerja yang ada di dalam kawasan Tanjung Lesung semua akan ditampung. Selama ini para pekerja yang ada di Banten West Java pulang pergi, habis waktu dan habis ongkos, jadi sangat efektif dan efisien dengan adanya rusun ini, bisa menabung untuk keluarga," kata Bupati Irna Narulita.

Pembangunan rusun yang berada tidak jauh dari tempat kerja ini dapat memberikan nilai efisiensi tinggi bagi para pekerja KEK Tanjung Lesung dan meningkatkan produktivitas para pekerja.

Sebagai informasi, rusun pekerja di KEK Tanjung Lesung akan dikelola oleh BUMD Pemerintah Kabupaten Pandeglang berkerjasama dengan Banten West Java (BWJ). Adapun calon daftar penghuni rusun tersebut kini sudah ada dan segera dilangsungkan keterisian huniannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper