Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Airlangga Ungkap Kunci Sukses Program Kartu Prakerja, Ini Rahasianya!

Menko Airlangga mengungkap kunci sukses program Kartu Prakerja. Ternyata ini rahasianya.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 27 Juli 2022  |  10:35 WIB
Airlangga Ungkap Kunci Sukses Program Kartu Prakerja, Ini Rahasianya!
Kolom pendaftaran pada laman prakerja.go.id, Sabtu (8/8/2020). Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 untuk menekan angka pengangguran dengan kuota untuk 800 ribu orang. - ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan kunci sukses Kartu Prakerja yang kini dilaksanakan hingga gelombang 38. Dia mengatakan hasil baik tersebut berasal dari serangkaian proses dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar di belakangnya.

Menurutnya, program Kartu Prakerja memberikan dampak positif terhadap learning, kebekerjaan, kewirausahaan, pendapatan, ketahanan pangan dan inklusi keuangan  para penerima. Hal tersebut dibuktikan oleh sejumlah survei yang dilakukan oleh PAL, BKF, Bank Dunia , BPS hingga CSIS.

"Tentu ini menjadi salah satu hal yang menjadi kunci daripada sukses Kartu Prakerja," kata Airlangga dalam webinar 'Dua Tahun Perjalanan Kartu Prakerja Mentransformasi Layanan Publik: Capaian, Pelajaran dan Strategi ke Depan' pada Rabu (27/7/2022).

Pada kesempatan tersebut, Airlangga mencoba mengungkapkan empat proses yang menjadi kunci sukses dari program Kartu Prakerja.

Pertama, kebijakan yang disusun berbasis data. Sebagaimana diketahui, selama dua tahun  berjalan program ini telah memiliki 13,4 juta peserta dan 11 juta diantaranya telah menjawab survei evaluasi sehingga PMO Kartu Prakerja dapat mengetahui persepsi para peserta.

Kedua, pihaknya berbagi tugas dari sisi kebijakan oleh komite pengarah dan sisi operasional yang dipimpin oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.

Ketiga, menggunakan kemitraan dengan multi pihak dengan  menyediakan aneka pilihan terkini. Pemerintah sendiri telah menggandeng ratusan lembaga pelatihan dan mitra. Dalam dua tahun, telah tersedia 2000 lebih pelatihan dan melayani 5,6 juta  peserta per tahun dengan berbagai latar belakang dari 514 kab/kota.

Keempat, adalah teknologi digital dan proses bisnis yang dapat secara cepat, murah, mudah, luas, aman dan andal serta akuntabel dan transparan.

"Proses di balik kinerja baik kartu prakerja ini mempunyai proses dan teknologi yang up to date dan juga  mempunyai resiliensi yang tinggi," ungkapnya.

Kendati demikian, Airlangga mengakui program Kartu Prakerja masih perlu  disempurnakan. Oleh karena itu dia berharap, program ini diberikan ruang agar  terus memperbaiki  diri agar menjadi lebih baik dan terus tumbuh di masa mendatang.

"Karena itu, saya mengajak kepada saudara-saudara untuk membangun  kartu prakerja dan juga mengajak untuk menjadi bagian dari kartu prakerja. Karena prinsip dasar dari kartu prakerja adalah transformasi ataupun perubahan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto kartu prakerja pelatihan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top