Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Arahan Kemenkeu untuk Dewan Komisioner OJK Baru

Kemenkeu memberikan arahan untuk Dewan Komisioner OJK yang baru soal ekonomi global dan sektor keuangan di dalam negeri.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 21 Juli 2022  |  18:57 WIB
Ini Arahan Kemenkeu untuk Dewan Komisioner OJK Baru
Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Bisnis - Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meminta jajaran baru Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan atau OJK untuk mencermati perkembangan ekonomi global dan menjaga sektor keuangan di dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, yang juga menjadi Anggota Dewan Komisioner OJK ex-officio Kementerian Keuangan, dalam konferensi pers pada Rabu (20/7/2022) malam.

Suahasil menyampaikan bahwa pemerintah menggantungkan banyak harapan kepada OJK, karena sesuai mandat undang-undang, kedua pihak memiliki banyak tugas kerja sama. Salah satu yang menjadi sorotannya adalah upaya menjaga sektor keuangan dari tekanan ekonomi global.

"Masalah global semakin pelik pelik, [ada] ancaman pemulihan, ancaman geopolitik. Pantau terus di sektor keuangan Indonesia, saya yakin OJK mengawasi sektor keuangan akan menjalankan tugas pengawasan yang sangat baik," kata Suahasil pada Rabu (20/7/2022) malam.

Jajaran petinggi OJK baru ini memiliki pekerjaan rumah (PR) untuk meneruskan pendalaman asar keuangan di Indonesia. Menurut Suahasil, pendalaman menjadi sangat penting di tengah konstelasi global saat ini, agar sektor keuangan menjadi lebih kokoh untuk berkembang.

Hal tersebut menurutnya perlu berjalan bersamaan dengan penguatan inklusi keuangan, sehingga sektor jasa keuangan bisa menjangkau masyarakat lebih luas. Peranan sektor keuangan sangat penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional yang masih berjalan.

Lalu, Suahasil pun menyampaikan berbagai PR lainnya dari OJK, seperti mendorong agenda transisi menuju ekonomi hijau hingga dukungan terhadap agenda internasional yang berlangsung di Indonesia. Pada tahun ini, Indonesia menjadi presidensi G20 dan tahun depan menjadi tuan rumah Asean Chairmanship 2023.

"OJK telah mengeluarkan taksonomi hijau untuk sektor keuangan Indonesia. Di tingkat dunia ini akan menjadi diskusi hangat," katanya.

Suahasil pun menyebut bahwa resminya jabatan Anggota Dewan Komisioner OJK periode 2022—2027 menandakan selesainya tugas panitia seleksi (pansel). Suahasil merupakan bagian dari pansel tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkeu OJK dewan komisioner ojk ekonomi ekonomi global
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top