Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba Transaksi Tol Tanpa Kartu, Jasa Marga Masih Koordinasi

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. masih mempersiapkan implementasi transaksi jalan tol tanpa kartu atau multi lane free flow (MLFF) pada akhir 2022.
Transaksi tol non tunai/Istimewa
Transaksi tol non tunai/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. masih mempersiapkan secara teknis untuk melakukan uji coba penerapan transaksi jalan tol tanpa kartu atau multi lane free flow (MLFF) pada akhir tahun.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan masih terus melakukan pembahasan dengan Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Asosiasi Jalan Tol Indonesia terkait dengan kesiapan penerapan sistem transaksi nirsentuh nirhenti berbasis MLFF di jalan tol yang merupakan program pemerintah.

"Kami juga terus koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna mendukung terlaksananya program dimaksud," ujarnya kepada Bisnis, Senin (11/7/2022).

Lisye menambahkan BPJT Kementerian PUPR telah menandatangani perjanjian kerja sama untuk sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis MLFF dengan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) pada Maret 2021.

"Mengenai pemasangan peralatan dan uji coba, saat ini masih dalam tahap diskusi dengan pihak-pihak terkait," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan akan ada enam ruas yang akan menjadi menjadi proyek percontohan pelaksanaan MLFF di jalan tol.

Danang menuturkan pihaknya masih menyiapkan sejumlah infrastruktur agar nantinya pelaksanaan uji coba dapat berjalan baik dan berlanjut ke tahapan komersial.

"Jagorawi, Bali Mandara, ruas tol dalam kota, sudah ada tiga ruas itu, totalnya enam ruas," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper