Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Sambut Iduladha, Naik Kereta Api Wajib Booster?

PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih menerapkan peraturan perjalanan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) No.57/2022 jelang Iduladha 2022.
Suasana sepi terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Suasana sepi terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersiap menyambut pelanggan kereta api jelang Iduladha 2022, Minggu (10/7/2022). Saat ini, KAI masih menerapkan peraturan perjalanan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) No.57/2022.

Berdasarkan SE Kemenhub tersebut, penumpang yang sudah divaksin minimal dosis lengkap atau kedua sudah bisa naik kereta api tanpa menyertakan hasil tes Covid-19. Artinya, KAI masih belum menerapkan rencana untuk mewajibkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster.

"KAI masih menunggu aturan resmi dari pemerintah terkait petunjuk teknis kebijakan vaksin booster menjadi syarat bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangan resmi, Jumat (8/7/2022).

Berdasarkan SE Kemenhub No.57/2022, syarat naik KA Jarak Jauh yakni:

  • Vaksin kedua (lengkap) dan ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19;
  • Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam;
  • Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah disertai hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam;
  • Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Di samping itu, pelanggan tetap diwajibkan menggunakan masker selama di stasiun dan di dalam perjalanan. Pelanggan juga diwajibkan dalam kondisi sehat dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pelanggan, KAI telah menyiapkan rata-rata 229 perjalanan KA Jarak Jauh per hari mulai hari ini, Jumat (8/7/2022) sampai dengan Minggu (10/7/2022). Rata-rata perjalanan itu naik 3 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada pekan lalu.  

Peningkatan jumlah penumpang diprediksi terjadi karena Iduladha serta adanya masa libur sekolah.

Sampai dengan hari ini pukul 09.30 WIB, sudah terdapat 213.329 tiket yang terjual untuk periode 8 sampai dengan 10 Juli 2022.

Beberapa KA yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut yakni KA Airlangga dengan relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi pp; KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember pp; dan KA Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasarturi pp.

Kemudian, KA Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng pp; KA Bima relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp; dan KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung pp.

Untuk kota-kota yang menjadi favorit masyarakat pada masa libur Iduladha ini yaitu Yogyakarta, Solo, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper