Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waskita Toll Road Obral 4 Ruas Jalan Tol, Ditarget Kuartal III/2022 Laku

Waskita Toll Road telah menetapkan sejumlah ruas yang akan menjalani proses divestasi.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 08 Juli 2022  |  14:21 WIB
Waskita Toll Road Obral 4 Ruas Jalan Tol, Ditarget Kuartal III/2022 Laku
Penandatanganan perjanjian jual beli bersyarat (PJBB) atas dua ruas tol milik PT Waskita Toll Road kepada PT Sarana Multi Infrastruktur. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Waskita Toll Road menargetkan untuk bisa melepas kepemilikan 4 ruas jalan tol sepanjang periode kuartal III/2022 sebagai langkah recycle asset untuk menjaga kinerja perseroan.

Sekretaris Perusahaan Waskita Toll Road Alex Siwu mengatakan terdapat sejumlah ruas yang tengah dipersiapkan untuk menyelesaikan proses divestasi. Dia mengungkapkan hingga semester I/2022, belum ada proses divestasi yang dirampungkan oleh perseroan.

Menurutnya, Waskita Toll Road masih terus berproses untuk bisa merealisasikan rencana tersebut dan diharapkan terdapat beberapa ruas jalan tol yang dilepas sampai dengan akhir kuartal III 2022.

"Kami menargetkan ada 4 ruas tol yang dapat didivestasi," ujar Alex baru-baru ini kepada Bisnis.

Dalam perkembangan terbaru, Waskita Toll Road melepas kepemilikan saham mayoritas di PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) kepada PT Sarana Multi Infrastrtuktur. Masuknya SMI ke dalam CCT selaku badan usaha jalan tol (BUJT) pemegang konsesi ruas tol Cimanggis–Cibitung ini melalui mekanisme share swap 55 persen kepemilikan saham Waskita Toll Road di CCT.

Adapun kepemilikan saham WTR di CCT sebelumnya sebesar 90 persen dan setelah masuknya SMI maka struktur kepemilikan pada CCT terdiri dari SMI sebesar 55 persen, WTR sebesar 35 persen serta pemegang saham lainnya sebesar 10 persen.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono menyampaikan perseroan juga memperkuat posisi kepemilikan saham mayoritas di anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) dengan menggantikan kepemilikan saham SMI di WTR sejumlah 752.475 saham atau sebanyak 4,5 persen melalui konversi menjadi kepemilikan saham pada CCT sebagai bagian dari kesepakatan kerja sama strategis yang dimaksud.

Transaksi tersebut berhasil dituntaskan dengan nilai Rp1,76 triliun yang terdiri atas Rp339 miliar untuk 55 persen kepemilikan saham Waskita Toll Road pada CCT, serta adanya pengalihan shareholder loan (SHL) Waskita Toll Road di CCT sebesar Rp1,42 triliun.

"Kerja sama strategis ini merupakan tahap II dari konversi saham SMI di WTR ke BUJT yang dimiliki WTR," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waskita toll road waskita karya jalan tol tarif tol tol proyek tol divestasi divestasi saham
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top