Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Perindustrian dan Menteri ESDM Ketemu, Ini yang Dibahas

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri ESDM Arifin Tasrif bertemu untuk membahas isu strategis di sektor manufaktur.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 04 Juli 2022  |  18:01 WIB
Menteri Perindustrian dan Menteri ESDM Ketemu, Ini yang Dibahas
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. - Kementerian Perindustrian

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyorot sejumlah isu strategis di sektor manufaktur.

Dalam pertemuan yang berlangsung hari ini, Senin (4/7/2022), keduanya membahas sejumlah hal, di antaranya pelaksanaan efisiensi energi, pengendalian konsumsi BBM dan LPG PSO.

Kemudian, percepatan pengembangan EBT, percepatan industri hilirisasi minerba, penerapan standar SNI pelumas, pemanfaatan gas untuk industri, serta evaluasi penerapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Tentu, ini merupakan raker awal yang diharapkan merupakan awal yang sangat baik bagi sinergi Kementerian ESDM dan Kemenperin," Kata Agus dalam siaran pers, Senin (4/7/2022).

Dia mengatakan salah satu topik pembahasan yang akan ditindaklanjuti oleh Kemenperin adalah isu Standar Nasional Indonesia (SNI) pelumas dan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), khususnya solar panel.

Pembahasan, lanjut Arifin, akan dilanjutkan di tingkat pejabat terkait dan salah satu kesepakatan dari pertemuan keduanya adalah membentuk working group untuk menjamin keberlangsungan pembahasan.

Sementara itu, Menteri ESDM Arifin Tasrif berharap sektor industri dapat memanfaatkan fasilitas harga gas khusus dengan pertimbangan krisis akibat perang diperkirakan masih berlaku selama 1 hingga 2 tahun ke depan.

"Ini merupakan kesempatan bagi industri untuk meningkatkan output dan ekspansi, sehingga memperoleh economy capacity untuk bersaing di pasar internasional," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur industri manufaktur kemenperin menperin kementerian esdm esdm menteri esdm
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top