Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenperin: 130 Perusahaan Sawit Sudah Terdaftar di Simirah

Kemenperin mencatat 130 perusahaan sawit dan turunannya yang sudah mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 04 Juli 2022  |  14:44 WIB
Kemenperin: 130 Perusahaan Sawit Sudah Terdaftar di Simirah
Pekerja mengumpulkan buah kelapa sawit di salah satu tempat pengepul kelapa sawit di Jalan Mahir Mahar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (26/4/2022). Antara - Makna Zaezar

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat terdapat sebanyak 130 perusahaan sawit dan turunannya yang sudah mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.

Mengutip laporan dari Kemenperin, 130 perusahaan tersebut, meliputi 51 produsen minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO), serta 79 produsen minyak goreng sawit (MGS).

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika menjelaskan sebanyak 98 perusahaan sudah mendapatkan nomor registrasi.

"Mereka terdiri atas 24 produsen CPO dan 74 produsen MGS. Semua yang mendaftar, tidak ada yang ditolak," kata Putu seperti dikutip dari siaran pers, Senin (4/7/2022).

Namun demikian, belum semua perusahaan yang telah mendaftar mendapatkan nomor registrasi. Hal tersebut, disebabkan oleh sejumlah faktor seperti dokumen masih proses verifikasi serta perusahaan masih melengkapi data yang kurang.

Sejauh ini, dari 74 produsen MGS yang mendapatkan nomor registrasi Program MGCR, sebanyak 39 perusahaan (52 persen) berada di wilayah regional Sumatra.

Sementara itu, dari 24 produsen CPO yang mendapatkan nomor registrasi, sebanyak 17 produsen (70,8 persen) juga berada di wilayah regional Sumatra.

Pada periode 1-30 Juni 2022, pencapaian penyaluran program MGCR rata-rata mencapai 81,72 persen dari kebutuhan bulanan di setiap provinsi.

Berdasarkan data pemerintah, pengiriman produsen MGCR ke 7 provinsi tujuan, yakni Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Sumatra Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak goreng kemenperin sawit minyak sawit Minyak goreng curah
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top