Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Mulai Evaluasi Tarif Batas Atas Tiket Pesawat

Kemenhub mulai melakukan evaluasi tarif batas atas tiket pesawat di tengah harga avtur yang alami kenaikan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  02:30 WIB
Kemenhub Mulai Evaluasi Tarif Batas Atas Tiket Pesawat
Pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia terparkir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (21/6/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang mengevaluasi penyesuaian Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat untuk mendukung pemulihan industri penerbangan.

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kemenhub Dadun Kohar mengatakan saat ini pemerintah sedang berdiskusi terhadap upaya mendukung pemulihan industri penerbangan. Terlebih, saat ini harga avtur juga mengalami kenaikan.

“Pemerintah akan mendukung untuk recovery antara lain dengan mengevaluasi penyesuaian ketentuan tarif angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri," ujarnya, Kamis (28/6/2022).

Sampai saat ini, lanjutnya, pembahasan tarif penerbangan masih dalam evaluasi yang dilanjutkan koordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menetapkan relaksasi dan stimulus.

Selain soal relaksasi tarif, adapula bantuan pembiayaan operasional Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan, Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U), biaya kenavigasian yang berpotensi untuk didiskusikan dalam pemulihan penerbangan.

Sejauh ini, pemerintah telah melakukan dukungan regulasi dengan berkaca dari Pasal 127 UU No. 1/2009 tentang penerbangan mengenai TBA dan TBB ditetapkan dengan mempertimbangkan perlindungan konsumen dan mencegah persaingan tidak sehat.
Kemudian ditindaklanjuti dengan teknis PM 20/2009 dan KM 106/2019 mengenai tata cara pengaturan tarif dan penetapan TBA.

Dadun kembali menegaskan bahwa pemulihan penerbangan memerlukan dukungan dan kontribusi berbagai pihak antara operator bandara dan stakeholder lain. Selain itu juga untuk mewujudkan penerbangan nyaman, selamat, efisien, serta berkesinambungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub tiket pesawat maskapai penerbangan
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top