Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani: Subsidi Energi Rp520 Triliun Lebih Banyak Dinikmati Kelompok Kaya

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, subsidi energi sebesar Rp520 triliun dinikmati oleh kelompok kaya.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  16:23 WIB
Sri Mulyani: Subsidi Energi Rp520 Triliun Lebih Banyak Dinikmati Kelompok Kaya
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan pemaparan dalam konferensi pers Realisasi APBN 2021 di Jakarta, Senin (3/1/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan subsidi energi sebesar Rp520 triliun lebih banyak dinikmati oleh kelompok kaya, akibat penerapan subsidi terhadap barang.

Hal tersebut disampaikan bendahara negara usai menghadiri Rapat Paripurna DPR RI, Kamis (30/6/2022). Sri Mulyani mengakui, jika menerapkan subsidi terhadap barang yang menikmati justru masyarakat yang mengkonsumsi barang tersebut.

Bahkan, dia menyebut konsumsi listrik, Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG lebih banyak dinikmati oleh kelompok kaya dibandingkan dengan kelompok tidak mampu.

"Sebetulnya APBN-nya dengan subsidi mencapai Rp520 triliun justru akhirnya yang banyak menikmati adalah kelompok yang kaya," kata Sri Mulyani, Kamis (30/6/2022).

Meskipun ingin melakukan perubahan, Sri Mulyani menegaskan perlu berhati-hati lantaran adanya kenaikan inflasi secara keseluruhan yang dapat menggerus daya beli masyarakat dan ketahanan APBN.

Kendati demikian, pemerintah akan melakukan perhitungan dan persiapan-persiapan sehingga dapat memperbaiki kualitas dari kebijakannya.

"Kualitasnya itu apakah menurunkan kemiskinan, menciptakan alokasi yang lebih efisien, masyarakat yang membutuhkan tetap dibantu, tetapi ekonomi juga tetap tumbuh," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn menkeu bbm bersubsidi sri mulyani subsidi energi
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top