Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rencana Investasi Foxconn Dibahas, Pengusaha Pede Tesla Bakal Tertarik

Tak hanya Foxconn, para pelaku usaha juga optimsitis perusahaan milik Elon Musk Tesla Inc. juga berpeluang berinvestasi di Indonesia.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 28 Juni 2022  |  11:37 WIB
Rencana Investasi Foxconn Dibahas, Pengusaha Pede Tesla Bakal Tertarik
Logo Tesla di dealer Easton Town Center shopping mall in Columbus, Ohio, AS - Bloomberg/Luke Sharrett

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku usaha yang optimistis Foxconn bakal investasi di Tanah Air, juga percaya diri bahwa perusahaan milik Elon Musk Tesla Inc. tertarik untuk menanamkan modal di Indonesia.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan hal itu dimungkinkan jika Indonesia mampu memenuhi sejumlah indikasi pendukung.

"Kalau Indonesia bisa memberikan iklim usaha dan support system yang baik, kompetitif dan sangat efisien di sektor manufaktur atau advanced manufacturing seperti Foxconn, saya rasa akan mudah menarik perusahaan seperti Tesla," kata Shinta kepada Bisnis, Senin (27/6/2022).

Indikator iklim usaha yang dijelaskan tersebut, menurut Shinta, bakal memposisikan daya tarik Indonesia lebih baik dibandingkan dengan negara kompetitor lain di dunia, seperti China, India, Thailand, ataupun Vietnam.

Kendati demikian, Shinta menilai potensi yang terbuka lebar tersebut tidak menjadi jaminan penuh ikut masuknya investasi dari perusahaan global lain ke industri Tanah Air.

"Sebab, semua perusahaan punya perhitungan sendiri terkait apa yang mereka cari ketika berinvestasi di suatu negara," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Foxconn menemui Presiden Joko Widodo untuk membahas progres kerja sama dan investasi bersama Gogoro, PT Industri Baterai Indonesia (IBC), dan PT Indika Energy Tbk. (INDY) di Indonesia dengan nilai investasi US$8 miliar atau sekitar Rp114 triliun.

Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Sabtu (25/6/20202). Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia turut mendampingi.

Pertemuan tersebut membahas tindaklanjut Nota Kesepahaman yang telah disepakati sebelumnya terkait dengan rencana investasi Foxconn, Gogoro, IBC, dan Indika Energy.

Adapun, nilai rencana investasi tersebut sebesar US$8 miliar atau sekitar Rp114 triliun dan perkiraan penyerapan tenaga kerja lebih dari 10.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi foxconn apindo Tesla Motors elon musk
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top