Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Jagung NTB Melimpah, tapi Distribusi Susah

Jagung sebagai komoditas pangan dan pakan ternak harganya kini melambung. Namun kelemahan sistem logistik membuat distribusi panen melimpah di Nusa Tenggara Barat (NTB) kesulitan.
Petani memanen tanaman jagung./Antara
Petani memanen tanaman jagung./Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA) mengatakan bahwa Indonesia khususnya di Nusa Tenggara Barat mempunyai potensi jagung berlimpah tapi tidak dapat terdistribusi dengan cepat lantaran kelemahan sistem logistik pangan. Padahal, jagung juga menjadi salah satu sumber pakan ayam ras dan ayam petelur yang saat ini harganya meroket.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya tengah melakukan sinergi dengan Kementerian Perhubungan mendorong percepatan mobilisasi hasil pangan dengan optimalisasi fungsi pelabuhan sebagai upaya mempercepat arus pergerakan barang terutama bahan pangan. Selain Kemenhub, pihaknya pun terus melakukan kolaborasi dengan BUMN dan swasta.

“NFA bersama Kementerian Perhubungan, Bulog, PT Berdikari member of ID FOOD, PINSAR, PT. Seger Agro Nusantara, serta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pemerintah Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Dompu, bergotong royong percepatan logistik pangan, ujarnya saat meninjau lokasi panen jagung, Sumbawa lewat rilisnya, Sabtu (25/06/2022).

Jika ekosistem pangan ini sudah berjalan, Arief meyakini bahwa produksi pangan yang ada di NTB seperti jagung yang cukup berlimpah akan menjadi sumber pangan bahkan bisa didorong untuk ekspor.

“Kalau stoknya cukup kita bisa simpan untuk sampai panen berikutnya, sisanya kita dorong ekspor ini adalah waktunya kita bersaing keluar sesuai arahan Bapak Presiden,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Andre Mulpyana mengungkapkan bahwa pihaknya akan fokus dalam membantu mengurai penyempitan-penyempitan arus keluar (bottleneck) komoditas pangan melalui jalur laut sebagai upaya memperlancar distribusi pangan antarwilayah.

“Di NTB ini kita banyak melakukan studi untuk pembukaan jalur supaya tidak terjadi bottle neck tadi. Selama ada pasar, selama ada sumber, selama ada barangnya kita akan optimalisasikan,” ungkap Andre.

Untuk mempercepat aktifitas bongkar muat khususnya komoditas jagung yang menjadi andalan wilayah ini, akan diupayakan percepatan produktivitas pelabuhan Badas Sumbawa dengan menambah jumlah crane operasional dan alat grain pump. Begitupula di Pelabuhan Bima dibutuhkan perluasan fasilitas pelabuhan dan penambahan frekuensi kapal.

Sementara itu, Perum Bulog saat ini tengah membangun Pabrik Corn Drying Center (CDC) atau pusat pengeringan jagung di Desa Nusajaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Sumbawa. CDC ditargetkan akan beroperasi pada September 2022 untuk mendukung proses hilirisasi jagung sebagai komoditas unggulan yang berlimpah produksinya di Dompu dan Bima.

Kepala Kanwil Bulog Provinsi Nusa Tenggara Barat Abdul Muis mengatakan keberadaan CDC ini akan dioptimalkan untuk memenuhi dua kepentingan antara produsen petani dan konsumen atau peternak.

“Bulog hadir di tengah sehingga akan tercipta stabilisasi harga, saya yakin Dompu adalah daerah yang punya potensi besar dengan hadirnya Bulog di sini akan menjadi price leader dan penyeimbang ketersediaan kebutuhan Bulog,” ujarnya, dalam kesempatan yang sama.

Tedapat silo atau tempat penyimpanan sebanyak tiga unit dengan kapasitas total 14.000 ton. Sementara untuk alat pengering kapasitas per harinya mencapai 150 ton jagung. Jika Kadar Air (KA) jagung 18 dibutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk menjadi KA 15-16. Dengan KA tersebut dapat menjaga daya simpan 2 – 3 bulan dan menekan aflatoksin.

Selain itu, Bulog pun menyerap jagung petani dengan harga Rp4.400 per kg, di atas harga pembelian pemerintah (HPP) sebesar Rp3.150 per kg. Hal ini bertujuan agar Bulog menyerap jagung dengan harga standar, dapat menyelamatkan petani jagung dari kerugian, dan meningkatkan semangat petani untuk bertanam. Penyerapan Bulog ini bersinergi dengan swasta, salah satunya dengan PT Segar Agro Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper