Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Jokowi Ingin Bangun Kereta Gantung Chiba di IKN

Pemerintah tertarik untuk mengembangkan proyek kereta gantung Chiba di IKN Nusantara.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 22 Juni 2022  |  18:26 WIB
Presiden Jokowi Ingin Bangun Kereta Gantung Chiba di IKN
Ilustrasi kereta gantung - youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah tertarik untuk mengembangkan proyek kereta gantung atau hanging train yang telah dilakukan di Chiba, Jepang untuk direalisasikan sebagai salah satu transportasi ramah lingkungan di Ibu Kota Negara (IKN).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pertemuannya dengan sejumlah petinggi pemerintahan di Jepang menjelaskan proyek tersebut mendapat perhatian khusus dari Presiden Joko Widodo dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) supaya bisa turut direalisasikan di IKN.

Menhub menjelaskan IKN bakal membutuhkan pergerakan yang unik. Kereta gantung ini, kata dia, bisa menjadi alat transportasi di gedung perkantoran IKN.

"Saya juga sempat mengunjungi Chiba ada kereta gantung. Insya Allah akan kami inisiasi. Saya mendapatkan perintah presiden untuk mempelajari. Kami gunakan hanging train untuk kantor-kantir di IKN," ujarnya dalam konferensi pers daring, Rabu (22/6/2022).

Namun tentunya Menhub berharap bahwa pengembangan dan pengelolaannya bisa dilakukan dengan baik dan menggunakan teknologinya tidak hanya dari Jepang tapi juga dari negara-negara yang lain.

Menhub meyakini proyek hanging train ini bisa diterapkan di IKN sebagai alat transportasi berbasis listrik. Konsep ini sejalan dengan pengembangan IKN yang juga membutuhkan transportasi ramah lingkungan.

Melansir dari Forbes, Chiba Urban Monorail adalah sistem monorel di Chiba, Jepang (dekat Tokyo). Proyek kereta gantung ini terpanjang di dunia, dengan panjang sistem 15,2 km. Ini adalah konfigurasi yang langka untuk transportasi umum, dengan pemandangan fantastis kota yang lewat, sekilas sci-fi bangunan yang lewat dari beberapa lantai, dan pemandangan jalan di depan yang tidak terhalang.

Dibutuhkan sekitar satu jam untuk sampai ke Chiba dari Tokyo, yang terletak di seberang Teluk Tokyo.

Chiba Urban Monorail merupakan transportasi umum yang tergantung di atas. Tanpa roda, mereka terlihat seperti kereta bawah tanah yang diubah untuk terbang.

Stasiun-stasiunnya juga unik. Sebagian besar transportasi umum terjadi di terowongan yang diterangi cahaya artifisial jauh di bawah tanah. Kereta ini tergantung dari rel di atas, dan meluncur ke stasiun. Alat transportasi ini tergolong futuristik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Kemenhub menhub kereta gantung IKN
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top