Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akhirnya, Bank Sentral Eropa ECB Siap Kerek Suku Bunga 25 BPS setelah 10 Tahun

Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) mengumumkan akan menaikkan suku bunga acuan pada bulan depan dan melakukan pengurangan pembelian aset.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 09 Juni 2022  |  21:05 WIB
Akhirnya, Bank Sentral Eropa ECB Siap Kerek Suku Bunga 25 BPS setelah 10 Tahun
Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) mengumumkan akan menaikkan suku bunga acuan pada bulan depan dan melakukan pengurangan pembelian aset. - Bloomberg/Andreas Arnold

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) akhirnya mengakhiri kebijakan super longgarnya dengan keputusan menaikkan suku bunga acuan 25 basis poin pada Juli 2022 dan beberapa kenaikan selanjutnya.

Dilansir Bloomberg pada Kamis (9/6/2022), pengumuman kenaikan bunga pinjaman oleh Presiden ECB Christine Lagarde ini adalah yang pertama kali dalam 10 tahun terakhir setelah inflasi yang sudah di atas target 2 persen.

Rencana ECB akan lebih agresif daripada yang diprediksi oleh para ekonom. ECB juga telah merencanakan penghentian pembelian aset pada 1 Juli.

"Jika proyeksi inflasi dalam jangka menengah tetap bertahan atau memburuk, kenaikan yang lebih besar akan dilakukan pada pertemuan September," kata ECB dalam sebuah pernyataan.

Di samping itu, Dewan Gubernur ECB sepakat bahwa kenaikan suku bunga acuan secara bertahap akan tetap dilakukan.

Dengan keputusan tersebut, bunga deposito paling tidak akan terkerek menjadi nol persen pada kuartal III/2022, naik dari -0,5 persen saat ini.

"Kami sedang dalam perjalanan. Ini adalah langkah penting dalam perjalanan tersebut," kata Lagarde dalam konferensi pers di Amsterdam.

Kenaikan suku bunga acuan diikuti dengan nilai tukar euro yang terangkat 0,5 persen menjadi US$1,0767, tertinggi sejak 31 Mei. Para trader menambah pertaruhan mereka dengan prediksi kenaikan 150 basis poin pada Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Suku Bunga ecb bank sentral eropa suku bunga acuan bank sentral

Sumber : Bloomberg

Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top