Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Bank Sentral Eropa Banting Setir Kebijakan Moneter

ECB akan beralih dari suku bunga negatif pada akhir kuartal III dan kenaikan pertama pada Juli.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 24 Mei 2022  |  19:30 WIB
Christine Lagarde, Presiden European Central Bank (ECB), dalam konferensi pers di Frankfurt, Germany, Kamis (16/12/2021) -  Bloomberg/Andreas Arnold
Christine Lagarde, Presiden European Central Bank (ECB), dalam konferensi pers di Frankfurt, Germany, Kamis (16/12/2021) - Bloomberg/Andreas Arnold

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden European Central Bank (ECB) Christine Lagarde mengatakan akan memulai titik balik kebijakan moneter di zona euro dan meninggalkan suku bunga negatif dalam beberapa bulan mendatang.

"Kami sudah jelas berada di titik balik dan saya berpikir ini wajar pada tahap ini untuk menjelaskan bagaimana perjalanannya, ke arah mana perjalanan ini, ke mana tujuan untuk jangka pendek dan apa titik tujuan kami," ujar Lagarde saat diwawancara televisi Bloomberg pada Selasa (24/5/2022).

Di sela-sela pertemuan World Economic Forum di Davos, Swiss, Lagarde juga mengatakan ECB akan beralih dari suku bunga negatif pada akhir kuartal III dan kenaikan pertama pada Juli.

Beberapa pejabat, termasuk kepala Bank of France Francois Villeroy de Galhau, juga menyarankan bahwa ECB dapat mengakhiri tahun dengan suku bunga positif.

Sementara itu, para trader bertaruh pada empat kali kenaikan sebesar 25 basis poin pada akhir 2022. "Ketika Anda keluar dari [suku bunga] negatif, Anda bisa berada di nol, [atau] Anda bisa sedikit di atas nol,” kata Lagarde.

Namun, dia menegaskan bahwa bank sentral Eropa tidak terburu-buru untuk mencabut stimulus moneter seiring upaya untuk mendinginkan inflasi yang sudah empat kali lipat di atas target 2 persen.

"Ini jelas merupakan inflasi yang didorong oleh sisi penawaran ekonomi. Dalam situasi itu, kami harus bergerak ke arah yang benar, tentu saja, tetapi kami tidak perlu terburu-buru dan kami tidak perlu panik," terang Lagarde.

Dia menambahkan bahwa resesi bukanlah skenario dasar bank sentral untuk zona euro. "Untuk saat ini, kami tidak melihat [potensi] resesi di wilayah euro."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Suku Bunga ecb bank sentral eropa

Sumber : Bloomberg

Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top