Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-Siap, 3 Ruas Jalan Tol Segera Beroperasi! Ini Daftarnya

BPJT menuturkan 3 ruas jalan tol segera beroperasi dalam waktu dekat.
Gerbang tol Telaga Asih di ruas tol Cibitung-Cilincing. - Bisnis/Andi M. Arief
Gerbang tol Telaga Asih di ruas tol Cibitung-Cilincing. - Bisnis/Andi M. Arief

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebut 3 ruas jalan tol siap untuk dioperasikan dalam waktu dekat.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit memaparkan ruas tersebut di antaranya adalah Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2 dan Seksi 3 yang dioperatori oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways.

Lebih lanjut, Danang menuturkan ruas lainnya adalah Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang dioperatori oleh PT Hutama Karya (Persero). Ruas tersebut menjalani uji laik fungsi.

Sementara itu, Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup Bengkulu ruas Bengkulu-Taba Penanjung yang dioperatori Hutama Karya tengah menjalani uji laik fungsi.

"Itu yang paling dekat untuk kita bisa tuntaskan, prinsipnya sudah dilakukan uji laik fungsi, dan harapan kami memang bisa diresmikan Presiden, tapi tergantung kesedian waktu beliau," ujar Danang di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Adapun, sepanjang tahun ini BPJT menargetkan untuk bisa menyelesaikan konstruksi 16 jalan tol dengan total sepanjang 332 kilometer (KM).

Selain 3 jalan tol tersebut, jalan tol yang ditargetkan selesai adalah Jalan Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Cinere-Jagorawi, Jalan Tol Becak Kayu, Jalan Tol Serpong-Balaraja, Jalan Tol Japek Selatan II, Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

Selain itu, Jalan Tol Sigli Banda-Aceh, Jalan Tol Semarang-Demak, Jalan Tol Sp. Indralaya-Prabumulih, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi, Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Danang menuturkan hingga Juni 2022 tercatat total pengoperasian sejumlah ruas jalan tol di Indonesia secara keseluruhan telah mencapai sepanjang 2.500 km dengan terbagi menjadi 66 ruas Jalan Tol dan 46 badan usaha jalan tol (BUJT) yang ada di Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, hingga Pulau Sulawesi

"Berdasarkan realisasi Jalan Tol beroperasi sejak 2021 hingga akhir 2022 adalah sepanjang 164,98 km dengan persentase kenaikan sebesar 18,59 persen. Ditargetkan hingga akhir 2022 jalan tol operasi mencapai 2.955 km, sehingga pada 2024 mendatang, total panjang jalan tol operasional akan mencapai 4.761 km," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper