Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiba di Tanah Suci, 1 Jemaah Haji Embarkasi Jakarta Wafat

Jemaah haji embarkasi Jakarta - Pondok Gede wafat sesaat setelah tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.
Ilustrasi Ibadah Haji 2021/Instagram: Haramain Info
Ilustrasi Ibadah Haji 2021/Instagram: Haramain Info

Bisnis.com, JAKARTA – Jemaah haji embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 1) yang berangkat bersama kelompok terbang  (kloter) 1, Sabtu (4/6/2022), meninggal dunia setibanya di Tanah Suci.

Suhati Rahmat Ali wafat setelah mendapat perawatan di poliklinik Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Kepala Daker Bandara Haryanto mengatakan JKG 1 mendarat di Bandara AMAA Madinah sekitar pukul 11.48 waktu Arab Saudi. Setelah melewati proses imigrasi dan pemindaian barang bawaan, Suhati merasakan sakit sehingga dibawa ke klinik yang ada di bandara Madinah.

“Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas Kesehatan di bandara Madinah dan poliklinik bandara, selang beberapa saat kami menerima informasi bahwa jemaah tersebut wafat,” terang Haryanto di Madinah dikutip dalam keterangan resmi Kementerian Agama, Sabtu (4/6/2022).

Setelah diketahui almarhum wafat, Certificate of Death (CoD) dikeluarkan oleh pihak otoritas kesehatan Arab Saudi. Jenazah Suhati akan dimakamkan di Madinah.

"Proses selanjutnya akan diatasi oleh Muassasah Al Adilla. Almarhumah akan dimakamkan di pemakaman Baqi Madinah. Suami sudah ikhlas," katanya.

Almarhumah diketahui berangkat haji bersama suaminya, Zainal (64). Dalam keterangannya, Zainal menyampaikan bahwa kondisi sang istri selama di pesawat baik-baik saja.

"Ya Allah, saya mohon maaf bu. Tadi masih cerita-cerita di atas pesawat. Bercanda sama saya," kenang Zainal.

Zainal mengaku sudah sangat tabah dan menerima atas meninggalnya istrinya di Madinah.

Sebelumnya, calon jemaah haji kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Jakarta - Pondok Gede mulai menuju Madinah, Sabtu (04/06/2022) dini hari.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief melepas keberangkatan jemaah kloter I sebanyak 10 bis yang terdiri dari 389 jemaah haji dan empat orang petugas.

Pada hari pertama keberangkatan, setidaknya ada tujuh kloter dari lima kota yang telah bertolak menuju Madinah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper