Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mas Menteri Sandiaga, Ini Deretan Langkah Singapura Pulihkan Pariwisata

Singapura menyipakan sederet agenda kelas dunia untuk memulihkan pariwisatanya pada tahun ini.
Marina Bay, Singapura. /stb.gov.sg
Marina Bay, Singapura. /stb.gov.sg

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pariwisata Singapura optimistis industri meeting, incentive, conference, dan exhibition (MICE) alias industri  pertemuan, insentif, konferensi dan pameran akan pulih sejalan dengan pembukaan perbatasan dan sederet ajang akbar sekelas balap mobil Formula 1.

Dilansir Bloomberg pada Rabu (1/6/2022), Wakil Kepala Eksekutif Badan Pariwisata Yap Chin Siang mengatakan komunitas bisnis sangat menginginkan kesempatan untuk bertemu dan berjejaring secara langsung.

“Keinginan ini, serta pelonggaran pembatasan perbatasan kami baru-baru ini, menempatkan industri MICE dalam posisi yang baik untuk pulih dengan kuat," ujarnya.

Perlu diketahui, industri MICE memberikan kontribusi 1 persen terhadap PDB Singapura sebelum pandemi dan menyumbang 15 persen kedatangan wisatawan mancanegara.

Dalam kuartal I/2022, Singapura menjadi tuan rumah pada lebih dari 150 acara lokal dan internasional yang dihadiri sekitar 37.000 orang.

Beberapa acara  itu seperti Singapore Airshow yang digelar dua tahunan pada Februar dan termasuk yang terbesar di kawasan. Juga Asia Pacific Maritime yang diselenggarakan pada Maret 2022 lalu.

Yap mengatakan pemulihan penuh untuk industri MICE diharapkan dapat terjadi dalam dua hingga tiga tahun.

Bandara Internasional Changi mencatatkan peningkatan sekitar 50 persen dibandingkan pada 2019 sejak pembatasan masuk dicabut pada April 2022 untuk semua pelancong yang telah divaksin.

Terminal 2 dibuka kembali sebagian awal pekan ini, tetapi Terminal 4 tetap ditutup sejak awal pandemi.

Salah satu ajang olahraga paling dinanti adalah Singapore Grand Prix 2022 pada 30 September - 2 Oktober setelah sempat jeda dua tahun.

Ribuan orang diperkirakan akan memadati sekitaran Marina Bay untuk menonton balapan Formula One serta deretan artis seperti Westlife, Marshmello, dan Green Day.

Paket tribun dan perjalanan tiga hari untuk acara ini terjual habis dalam waktu enam jam pada April, meskipun mungkin akan tersedia lebih banyak lagi.

Beberapa ajang besar lainnya juga tengah disiapkan seperti pertemuan tahunan petinggi militer dan diplomat dunia, Shangri-La Dialogue.

Selain itu, Global Health Security Conference pada akhir Juni dan Milken Institute Asia Summit yang akan digelar pada September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper