Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mas Menteri Sandiaga, Ini Deretan Langkah Singapura Pulihkan Pariwisata

Singapura menyipakan sederet agenda kelas dunia untuk memulihkan pariwisatanya pada tahun ini.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 01 Juni 2022  |  21:25 WIB
Mas Menteri Sandiaga, Ini Deretan Langkah Singapura Pulihkan Pariwisata
Marina Bay, Singapura. - stb.gov.sg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pariwisata Singapura optimistis industri meeting, incentive, conference, dan exhibition (MICE) alias industri  pertemuan, insentif, konferensi dan pameran akan pulih sejalan dengan pembukaan perbatasan dan sederet ajang akbar sekelas balap mobil Formula 1.

Dilansir Bloomberg pada Rabu (1/6/2022), Wakil Kepala Eksekutif Badan Pariwisata Yap Chin Siang mengatakan komunitas bisnis sangat menginginkan kesempatan untuk bertemu dan berjejaring secara langsung.

“Keinginan ini, serta pelonggaran pembatasan perbatasan kami baru-baru ini, menempatkan industri MICE dalam posisi yang baik untuk pulih dengan kuat," ujarnya.

Perlu diketahui, industri MICE memberikan kontribusi 1 persen terhadap PDB Singapura sebelum pandemi dan menyumbang 15 persen kedatangan wisatawan mancanegara.

Dalam kuartal I/2022, Singapura menjadi tuan rumah pada lebih dari 150 acara lokal dan internasional yang dihadiri sekitar 37.000 orang.

Beberapa acara  itu seperti Singapore Airshow yang digelar dua tahunan pada Februar dan termasuk yang terbesar di kawasan. Juga Asia Pacific Maritime yang diselenggarakan pada Maret 2022 lalu.

Yap mengatakan pemulihan penuh untuk industri MICE diharapkan dapat terjadi dalam dua hingga tiga tahun.

Bandara Internasional Changi mencatatkan peningkatan sekitar 50 persen dibandingkan pada 2019 sejak pembatasan masuk dicabut pada April 2022 untuk semua pelancong yang telah divaksin.

Terminal 2 dibuka kembali sebagian awal pekan ini, tetapi Terminal 4 tetap ditutup sejak awal pandemi.

Salah satu ajang olahraga paling dinanti adalah Singapore Grand Prix 2022 pada 30 September - 2 Oktober setelah sempat jeda dua tahun.

Ribuan orang diperkirakan akan memadati sekitaran Marina Bay untuk menonton balapan Formula One serta deretan artis seperti Westlife, Marshmello, dan Green Day.

Paket tribun dan perjalanan tiga hari untuk acara ini terjual habis dalam waktu enam jam pada April, meskipun mungkin akan tersedia lebih banyak lagi.

Beberapa ajang besar lainnya juga tengah disiapkan seperti pertemuan tahunan petinggi militer dan diplomat dunia, Shangri-La Dialogue.

Selain itu, Global Health Security Conference pada akhir Juni dan Milken Institute Asia Summit yang akan digelar pada September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata f1 singapura mice F1 Singapura
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top