Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Garap Proyek Jalur Kereta Api Medan-Binjai Rp172 Miliar

PT Hutama Karya (Persero) meraih kontrak pembangunan jalur kereta api (KA) lintas Medan - Binjai di Sumatra Utara senilai Rp172 miliar.
Bantalan jalur kereta api. /Bisnis.com
Bantalan jalur kereta api. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) meraih kontrak pembangunan jalur kereta api (KA) lintas Medan - Binjai di Sumatra Utara senilai Rp172 miliar.

Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra mengatakan bahwa pembangunan jalur KA Medan-Binjai ini dilakukan seiring meningkatnya kebutuhan transportasi umum di Sumatra Utara. Sebelumnya, Hutama Karya berhasil merampungkan beberapa proyek sistem transportasi rel angkutan cepat.

Lebih lanjut, Novias menyatakan bahwa proyek pembangunan jalur Lintas KA yang menghubungkan antara Kota Medan dengan Kota Binjai bertujuan untuk mempercepat waktu tempuh dan memperlancar persilangan kereta api dari Medan Ke Binjai serta mengurangi penumpukan di beberapa stasiun.

“Kereta Api sudah menjadi primadona untuk angkutan orang dan barang. Pembangunan jalur rel kereta api dibutuhkan sejalan dengan percepatan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera,” ujar Novias dalam keterangannya, Selasa (24/5/2022).

Novias menjelaskan bahwa pembangunan Jalur Lintas KA Medan – Binjai (JLKAMB 2) dilakukan dari KM 1 + 745 sampai dengan KM 2 + 300 (P9 – P23).

Adapun, lingkup pekerjaan yang digarap oleh Hutama Karya bersama KSO dalam proyek ini meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan pendukung teknis, pekerjaan pier, dan pemasangan track. Proyek ini membutuhkan waktu pengerjaan selama 900 hari dimana pelaksanaan pembangunan tersebut sudah berjalan sejak tanggal 9 Mei lalu.

Ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam proyek ini, salah satunya yaitu pekerjaan pengembangan dilakukan selama stasiun masih aktif beroperasi. Hutama Karya selaku kontraktor telah menyiapkan sejumlah strategi agar proyek dapat selesai tepat waktu dan tepat mutu.

“Koordinasi aktif dengan pihak pengelola Kereta Api terus kami intensifkan karena pekerjaan dapat dilakukan pada saat window time atau kereta api tidak dalam posisi melayani penumpang dalam menaikkan atau menurunkan penumpang di stasiun tersebut atau pada titik tertentu,” jelasnya.

Keberadaan Proyek Pembangunan Jalur KA (Kereta Api) Lintas Medan – Binjai akan meningkatkan mobilitas barang dan jasa antar dua wilayah tersebut serta menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Dikarenakan pembangunan proyek ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, Hutama Karya memastikan akan selalu melakukan pengawasan dan pencegahan penyebaran virus tersebut melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Pembangunan jalur KA Medan-Binjai ini diharapkan akan membangun konektivitas antar moda di Sumatra sekaligus mengurai kemacetan di sekitar daerah tersebut serta meningkatkan wisatawan yang ingin ke Sumatra Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper