Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Minyak Bikin Darurat APBN 2022, APBN Bisa Bengkak Jadi Rp3.106 Triliun

Perubahan asumsi makro dapat berimbas pada pos belanja pemerintah mulai dari subsidi hingga bantuan sosial. Ini berkonsekuensi pada perubahan pos belanja negara secara keseluruhan. Usulan pemerintah belanja negara menjadi sekitar Rp3.106 triliun.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 19 Mei 2022  |  14:44 WIB
Kilang Balikpapan. - Bisnis
Kilang Balikpapan. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Perubahan asumsi makro, terkait dengan harga minyak mentah Indonesia, akan berdampak pada postur belanja di dalam anggaran pemerintah.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI M.H. Said Abdullah mengungkapkan perubahan dari ICP berkonsekuensi lebih jauh pada postur APBN.

"Hal inilah yang menyebabkan kedaruratan pada APBN 2022," ujarnya dalam rapat bersama Menteri Keuangan, Kamis (19/5/2022).

Pemerintah melalui Menteri Keuangan mengusulkan perubahan ICP dari US$63 per barel menjadi kisaran US$95 sampai US$105 per barel.

Konsekuensi dari perubahan ICP yang makin besar, maka belanja subsidi dan kompensasi energi otomatis juga makin meningkat, tegas Said.

Pemerintah memperkirakan penambahan subsidi BBM, LPG dan listrik berkisar antara Rp74,9. Selain itu ada kebutuhan untuk menambah biaya kompensasi bbm sebesar Rp234 triliun serta penambahan kompensasi listrik sekitar Rp41 triliun.

Penambahan beberapa pos belanja diatas juga berkonsekuensi menyerap tambahan penggunaan SAL sekitar Rp50 triliun.
Perubahan-perubahan ini berkonsekuensi pada perubahan pos belanja negara secara keseluruhan. Said menegaskan usulan pemerintah belanja negara menjadi sekitar Rp3.106 triliun.

"Yang patut kita syukuri, penambahan beberapa pos belanja negara dapat kita penuhi dengan perkiraan pendapatan negara yang bertambah," kata Said.

Pemerintah memperkirakan kenaikan pendapatan negara menjadi Rp2.266 triliun dari perencanaan semula pada APBN 2022 sebesar Rp1.846 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn Harga Minyak belanja pemerintah
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top