Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arus Balik Lebaran 2022: Rest Area Bakal Terapkan Sistem Buka Tutup

Pengelola Rest Area bakal menerapkan sistem buka tutup untuk mengantisipasi arus balik Lebaran 2022.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 06 Mei 2022  |  08:23 WIB
Arus Balik Lebaran 2022: Rest Area Bakal Terapkan Sistem Buka Tutup
Rest area jalan tol Trans Jawa./Antara - Oky Lukmansyah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasamarga Related Business (JMRB), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan mitra untuk melakukan sistem rekayasa buka tutup di rest area pada saat pelaksanaan arus balik Lebaran 2022. 

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT JMRB Meta Herlina Puspitaningtyas menjelaskan sistem buka tutup dilakukan guna mengurai kepadatan di dalam rest area, terutama jika sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol.

Menurutnya, lokasi yang dilakukan buka tutup adalah rest area yang berpotensi menimbulkan titik-titik kepadatan di jalan tol arah Jakarta.

"Atas diskresi Kepolisian, kami masih melakukan rekayasa buka tutup rest area di jalan tol arah Jakarta secara situasional, terutama saat terjadi kepadatan di rest area selama rekayasa lalu lintas one way berlangsung," katanya dalam keterangan pers. Jumat (6/5/2022). 

PT JMRB juga akan berkoordinasi dengan Mitra Pengelola Rest Area dan Representative Office Jasa Marga terkait rekayasa buka tutup  selama arus balik kali ini.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sejumlah skema rekayasa arus lalu lintas di dalam rest area jika diterapkan sistem one way di ruas jalan tol.

"Sebab, jika sedang diterapkan sistem one way, arus kendaraan di rest area pun otomatis berubah. Dengan adanya perubahan tersebut, kami telah melakukan antisipasi agar tidak terjadi kepadatan di dalam rest area," ujarnya.

Meta menambahkan, saat penerapan sistem one way dan buka tutup rest area, PT JMRB telah menambah penyediaan sarana perambuan, rubber cone, dan water barrier, serta menambah personel keamanan dan pengatur lalu lintas. 

Dia juga mengimbau pengguna jalan untuk memanfaatkan waktu istirahat di rest area sesuai dengan kebutuhan, agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya. Meta juga meminta pengguna jalan untuk memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik agar memaksimalkan waktu istirahat di rest area.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga Arus Balik rest area
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top