Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik 2022: Waskita Bidik Pergerakan Lalu Lintas Mudik Naik Hingga 300 Persen

Waskita menyebutkan kondisi jalur tol yak laik fungsi tersebut telah mulai disiagakan pada H-10 lebaran 2022 dan telah mengantongi uji laik dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 28 April 2022  |  00:58 WIB
Foto udara jalan tol Pejagan-Pemalang di Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (3/6/2019). - ANTARA/Oky Lukmansyah
Foto udara jalan tol Pejagan-Pemalang di Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (3/6/2019). - ANTARA/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA – PT Waskita Karya Tbk. (WSKT) memperkirakan lalu lintas di jalur tol yang dikelolanya bakal mengalami peningkatan hingga 300 persen selama periode lebaran 2022.

Direktur Operasi III WSKT Gunadi Soekardjo mengatakan hingga kini perseroan telah mengoperasikan sejumlah ruas tol yang dioperasikan selama mudik yakni sebagian tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera.

Sejumlah Trans Jawa yang dioperasikan yakni, Kanci - Pejagan , Pejagan - Pemalang, Pemalang-Batang, Batang – Semarang. Sementara di sisi timur terdapat ruas tol Solo - Ngawi, Ngawi – Kertosono. Tol lainnya yang dioperasikan WSKT adalah di Sumatera yakni Kayu Agung- Palembang.

Waskita menyebutkan kondisi jalur tol yak laik fungsi tersebut telah mulai disiagakan pada H-10 lebaran 2022 dan telah mengantongi uji laik dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dia pun berpesan agar pemudik yang melalui jalan tol ini juga berkendara dengan aman dengan kecepatan maksimal tidak melebihi 100 km.

“Kalau melihat animo pemudik saat ini, kami memperkirakan lalu lintas harian bisa mencapai 100.000 kendaraan per hari di tol-tol trans Jawa,” ujarnya di kantor Bisnis Indonesia, Rabu (27/4/2022).

Menurutnya, kondisi jalan tol pada tahun ini lebih siap dna lebih banyak beroperasi dibandingkan dengan periode tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya dengan beroperasinya tol dari Jakarta ke Surabaya juga bisa memecah kemacetan.

“Mudah-mudahan tahun ini lancar karena jalur tol sudah terpecah di jalur ke Solo dan ke Surabaya,” imbuhnya.

Dia pun menargetkan lebih banyak pemudik yang menggunakan jalur tol dari yang sebelumnya menggunakan moda transportasi udara. Pasalnya pemudik yang menggunakan jalan tol menuju Jawa saat ini waktu tempuhnya tidak lebih dari 10 jam.

“Target kami selama arus mudik dan balik ini lalu lintas harian naik 250 persen sampai 300 persen dibanidngkan periode normal,” tekannya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol waskita karya Mudik Lebaran
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top