Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Empat Pembeli Gas dari Rusia Sepakati Penggunaan Rubel

Sebanyak 10 perusahaan Eropa telah membuka rekening di Gazprombank untuk memenuhi permintaan pembayaran Rusia dengan menggunakan rubel.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 27 April 2022  |  20:20 WIB
Jaringan pipa gas - Bloomberg
Jaringan pipa gas - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Empat pembeli Eropa telah melakukan pembayaran suplai gas Rusia menggunakan rubel, memenuhi permintaan Presiden Vladimir Putin.

Dilansir Bloomberg pada Rabu (27/4/2022), informasi tersebut berasal dari sumber anonim yang memiliki kedekatan dengan Gazprom PJSC.

Kendati pembeli lainnya menolak mengikuti persyaratan dari Kremlin, kelanjutan pemangkasan kemungkinan tidak akan terjadi setelah Polandia dan Bulgaria hingga pertengahan kedua pada Mei, saat pembayaran berikutnya jatuh tempo.

Sebanyak 10 perusahaan Eropa telah membuka rekening di Gazprombank untuk memenuhi permintaan pembayaran Rusia, kata sumber tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gazprom telah menutup aliran gas ke Polandia dan Bulgaria karena mereka menolak melakukan pembayaran menggunakan rubel.

Rusia mengatakan keputusan itu tidak melanggar kebijakan sanksi yang dikenakan Uni Eropa. Hingga saat ini, Rusia memberikan pasokan gas kepada 23 negara di Eropa.

Moskow menuntut Uni Eropa menggunakan rubel dalam pembayaran gas setelah blok ini memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Namun, UE mengatakan bahwa mekanisme yang diusulkan Kremlin akan melanggar sanksi.

Perlu diketahui, Presiden Putin menyatakan pada akhir Maret bahwa pembeli gas dari Rusia harus membuka dua rekening bank. Satu rekening untuk mata uang asing dan yang lainnya di Gazprombank untuk mata uang rubel.

Bank Rusia akan mengonversi pembayaran menggunakan mata uang asing menjadi rubel sebelum mentransfernya ke Gazprom PJSC, perusahaan gas plat merah Rusia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

eropa gas
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top