Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Upaya Jasa Marga Jaga Kelancaran Tol Trans Jawa

Jasa Marga berupa menekan VC Ratio Tol Trans Jawa mencapai titik 1 diantaranya melalui penerapan satu arus atau oneway, contra flow, dan ganjil genap
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 27 April 2022  |  03:34 WIB
Upaya Jasa Marga Jaga Kelancaran Tol Trans Jawa
Rest area jalan tol Trans Jawa./Antara - Oky Lukmansyah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengupayakan untuk menekan rasio perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan (VC Ratio) yang terkecil di Jalan Tol Trans Jawa.

Corporate Communication and Communtiy Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan dengan potensi arus mudik sebesar 2,6 juta kendaraan, maka VC ratio pada Jalan Tol Trans Jawa bisa mencapai titik 1 atau dengan kata lain lalu lintas akan tersendat.

Untuk itu, bersama dengan stakeholders terkait, sejumlah rekayasa lalu lintas telah dipersiapkan seperti pembatasan kendaraan bersumbu tiga, penerapan satu arus atau oneway, contra flow, dan juga ganjil genap.

“Pertama adalah ganjil genap itu sudah membatasi penurunan 20-30 persen, kedua contra flow, ketiga adalah oneway tiga hal ini dilakukan. Kalau hanya pakai contra flow dan oneway masih berat, target kita 0,8 masih bisa jalan 40 kilometer per jam,” ujarnya dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Heru mengatakan bahwa Jas Marga memproyeksikan jumlah kendaraan yang akan melalui Jalan Tol Trans Jawa pada saat arus mudik pada tahun ini berjumlah 2,6 juta kendaraan.

Jumlah itu, kata Heru, jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sekitar 1,4 juta kendaraan, termasuk dibandingkan dengan periode sebelum pandemi Covid-19 yakni 2,5 juta kendaraan.

“Dari semua beban volume yang kita proyeksikan, bagaimana kapasitas jalan dan gerbang tol dengan patokannya 2.300 kendaraan per jam per lajur, maka tanpa ada rekayasa lalu lintas akan ada kesulitan, akan terlalu besar bebannya,” jelas Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol macet jasa marga tol trans jawa Mudik Lebaran
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top