Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran 2022, KAI Sediakan Program untuk Pesepeda Motor. Ini Daftar Tujuan dan Kuotanya

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan angkutan kendaraan roda dua secara gratis menggunakan kereta api, serta menyediakan tiket angkutan Lebaran 2022 untuk peserta program tersebut. Tersedia kuota angkutan Motor Gratis untuk 9.280 unit motor serta 13.800 tempat duduk kereta api Angkutan Lebaran khusus bagi para peserta Motis.
Pemudik kereta api Rajabasa tujuan Bandar Lampung-Palembang tiba di Stasiun Kertapati, Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (29/6)./ANTARA -Nova Wahyudi
Pemudik kereta api Rajabasa tujuan Bandar Lampung-Palembang tiba di Stasiun Kertapati, Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (29/6)./ANTARA -Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA- Masyarakat yang kehabisan tiket kereta api reguler untuk angkutan mudik bisa memanfaatkan angkutan lebaran khusus untuk peserta angkutan motor gratis (Motis) dari Kementerian Perhubungan. Kuota yang tersedia mencapai 13.800 tempat duduk.

Sebagai operator, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan angkutan kendaraan roda dua secara gratis menggunakan kereta api, serta menyediakan tiket angkutan Lebaran 2022 untuk peserta program tersebut. Tersedia kuota angkutan Motor Gratis untuk 9.280 unit motor serta 13.800 tempat duduk kereta api Angkutan Lebaran khusus bagi para peserta Motis.

"Kuota tiket KA bagi peserta Motis ini KAI sediakan bagi masyarakat yang ingin mengikuti program Motis tapi belum mendapatkan tiket kereta apinya," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari siaran pers, Senin (25/4/2022).

Berikut adalah daftar relasi perjalanan kereta api yang dapat dibeli oleh para peserta Motis:

1. Relasi Pasar Senen--Semarang Tawang (pp);

2. Relasi Pasar Senen--Purwosari (pp)

Adapun, syarat untuk pembelian tiketnya adalah:

1. Hanya berlaku bagi Peserta Motis;

2. 1 motor berlaku untuk maksimal 3 tiket;

3. Tiket penumpang berlaku sesuai relasi dan tanggal yang sama sesuai dengan perjalanan motis;

4. Periode keberangkatan 26-30 April dan 5-9 Mei;

5. Pembelian langsung di seluruh stasiun yang melayani Motis (Stasiun Jakarta Gudang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari);

6. Tiket yang sudah dibeli tidak dapat dibatalkan dan diubah jadwal.

Adapun, salah satu persyaratan untuk mengikuti program Motis adalah menunjukkan tiket kereta/bus/travel. Dengan adanya kuota khusus angkutan Lebaran 2022 untuk peserta Motis, maka calon peserta dapat langsung membeli tiket kereta api dan mendaftarkan motornya untuk dikirimkan ke stasiun tujuan selama kuota untuk rute yang diinginkan masih tersedia.

Untuk diketahui, Program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan RI dengan menunjuk KAI Logistik untuk melayani angkutan Motis 2022 dengan waktu pelaksanaan angkutan mulai 26 April-09 Mei 2022.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan bahwa masyarakat bisa memanfaatkan kuota angkutan Motis yang masih tersedia sampai dengan saat ini. Apabila berdasarkan update per Minggu (24/4/2022), kuota Motis yang tersedia masih mencapai sekitar 75 persen dari kuota yang disediakan.

"Per tanggal 24 April 2022, masih ada sekitar 7.013 kuota MOTIS yang tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik," kata Zulfikri, dikutip dari siaran pers, Senin (25/4/2022).

Adapun, ketersediaan kuota Motis dihitung berdasarkan jumlah pendaftar program yang sudah tercatat. Sampai dengan Minggu (24/4/2022), pendaftar program Motis tercatat sebanyak 2.267 orang.

Di sisi lain, kuota yang masih tersedia untuk keberangkatan awal dari Stasiun Jakarta Gudang sebesar 750 kuota untuk keberangkatan Selasa (26/4/2022); 604 kuota untuk Rabu (27/4/2022); 754 kuota untuk Kamis (28/4/2022); 569 kuota untuk Jumat (29/4/2022); dan 646 kuota untuk Sabtu (30/4/2022).

Sementara itu, kuota untuk arus balik yang masih tersedia yakni untuk tujuan akhir Stasiun Jakarta Gudang sebanyak 861 kuota untuk Kamis (5/5/2022); 810 kuota untuk Jumat (6/5/2022); 775 kuota untuk Sabtu (7/5/2022); 744 kuota untuk Minggu (8/5/2022); dan 745 kuota untuk Senin (9/5/2022).

Kuota yang masih tersedia tersebut mencakup lintas utara dan lintas selatan dengan 11 stasiun yang melayani angkutan Motis yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Semarang Tawang.

Dengan ketersediaan kuota Motis yang masih banyak, Zulfikri mengajak masyarakat agar segera mendaftarkan diri untuk melaksanakan mudik lebih cepat dengan memanfaatkan angkutan Motis ini.

"Terlebih terdapat 13.800 tempat duduk yang sudah disediakan khusus untuk peserta angkutan Motis dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang sudah kehabisan tiket reguler," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper