Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mudik Lebaran, AP I: Maskapai Sudah Ajukan 1.001 Extra Flight

Angkasa Pura I (AP I) menyebut maskapai telah mengajukan sebanyak 1.001 extra flight jelang mudik Lebaran.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 21 April 2022  |  19:28 WIB
Mudik Lebaran, AP I: Maskapai Sudah Ajukan 1.001 Extra Flight
Calon penumpang mencetak tiket di samping layar informasi penerbangan di terminal keberangkatan domestik 1B Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (7/2/2019). Bandara tersebut ditutup sementara akibat rusaknya landasan pacu. - ANTARA/Zabur Karuru
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menerima laporan adanya 1.001 penerbangan tambahan (extra flight) untuk periode mudik Lebaran 2022 dari berbagai maskapai per April 2022.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menjelaskan permintaan tersebut tersebar dari berbagai maskapai di 11 bandara yang dikelola. Tercatat, ada empat bandara dengan jumlah permintaan extra flight terbanyak.

Dia memerinci Bandara Juanda Surabaya dengan 246 penerbangan, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dengan 192 penerbangan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 147 penerbangan dan Bandara Internasional Yogyakarta dengan 142 penerbangan.

“Dengan adanya permintaan hingga 1.001 extra flight ini setidaknya ada tambahan 160.000 seat yang tersedia bagi maskapai untuk mengangkut penumpang selama periode Angkutan Lebaran 2022," ujarnya, Kamis (21/4/2022).

Adapun puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 29 April 2022 dan arus balik pada 8 Mei 2022. AP I akan menyiagakan Posko Angkutan Lebaran Terpadu di 15 bandara mulai 25 April--10 Mei 2022 untuk memastikan operasional serta pelayanan kepada penumpang di bandara berjalan dengan baik, lancar dan kondusif dengan tetap menjaga penerapan protokol kesehatan Covid-19.

AP I bakal melayani hingga 2,4 juta penumpang atau meningkat 452 persen jika dibandingkan periode peniadaan Angkutan Lebaran 2021 yang hanya melayani 428.156 penumpang di 15 bandara yang dikelola.

Adapun, untuk trafik pergerakan pesawat diprediksi akan mencapai 19.579 pergerakan pesawat atau meningkat hingga 230 persen jika dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya yang melayani 5.931 pergerakan pesawat.

Posko Angkutan Lebaran Terpadu sendiri akan beroperasi sesuai jam operasional bandara serta melibatkan unsur internal Angkasa Pura I dan eksternal di bandara seperti Kantor Otoritas Bandara, TNI, Polri, BMKG, Airnav Indonesia, Custom-Immigration-Quarantine (CIQ), Kantor Kesehatan Pelabuhan, pihak maskapai, dan ground handling.

Jumlah personil yang terlibat secara keseluruhan untuk mendukung pelaksanaan Posko Angkutan Lebaran Terpadu mencapai 4.152 orang yang terdiri dari personil internal dari Airport Security, ARFF, Airside, Landside & Terminal Officer, Safety Officer dan Customer Service berjumlah 3.982 orang dan personil eksternal yang terdiri dari BKO TNI & Polri berjumlah 170 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i Mudik Lebaran mudik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top