Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LRT Jabodebek Uji Lintas Cawang–Cibubur Bulan Ini

LRT Jabodebek uji lintas Cawang–Cibubur pada bulan ini.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 02 Maret 2022  |  13:00 WIB
Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Rabu (12/1/2022). ANTARA FOTO - Galih Pradipta
Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Rabu (12/1/2022). ANTARA FOTO - Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melaksanakan uji coba light rail transit (LRT) Jabodebek pada pertengahan bulan ini. Lintas pelayanan LRT yang akan dites pertama kali adalah Cawang–Cibubur.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartyanto mengatakan tes LRT pada lintas pelayanan Cawang–Cibubur merupakan yang pertama dari total tiga lintas pelayanan yang ada. Selain Cawang–Cibubur, lintas pelayanan yang akan diuji coba adalah Cawang–Dukuh Atas dan Cawang–Bekasi Timur.

"Rencana pengetesannya itu nanti akan dimulai pada pertengahan Maret pada lintas pelayanan 1 itu dari Cibubur ke Cawang," jelas Didiek pada pekan lalu, Jumat (25/2/2022).

Kemudian, pengetesan lintas pelayanan 2 atau Cawang–Dukuh Atas akan dilaksanakan pada April, dan lintas pelayanan 3 yakni Cawang–Bekasi Timur dilakukan pada Mei 2022.

Pada pekan lalu, progres infrastruktur prasarana LRT pada setiap lintas pelayanan sudah hampir rampung atau mencapai 100 persen. Per 25 Februari, progres infrastruktur lintas pelayanan 1 sudah mencapai 94,3 persen; lintas pelayanan 2 sudah 89 persen; dan lintas pelayanan 3 sudah 92,8 persen.

Setelah itu, LRT Jabodebek dipastikan akan bisa mulai beroperasi pada tiga bulan setelahnya yakni pada Agustus 2022. Rute yang akan dilayani yakni Cibubur–Dukuh Atas, dan Bekas Timur–Dukuh Atas.

"Kita akan mengoperasikan [LRT Jabodebek] bulan Agustus," ujar Didiek.

Dengan menggunakan LRT Jabodebek, perjalanan masing-masing rute diperkirakan akan semakin cepat. Dengan LRT, rute Cibubur–Dukuh Atas hanya akan ditempuh 39 menit, sedangkan rute Bekasi Timur-Dukuh Atas hanya ditempuh 45 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai LRT lrt jabodebek
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top