Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Realisasi Proyek Strategis Nasional Bidang Perkeretapiaan

Kemenhub menuturkan proyek strategis nasional perkeretaapian yang sudah selesai dibangun.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 19 Februari 2022  |  16:39 WIB
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri meninjau workshop Ngrombo Baperka, Jumat (25/12/2020), sebagai tindak lanjut telah tersambungnya jalur kereta dari sepur raya ke area workshop Ngrombo sekaligus secara teknis persinyalan juga telah dilakukan switch over, beberapa waktu lalu.  - Kemenhub
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri meninjau workshop Ngrombo Baperka, Jumat (25/12/2020), sebagai tindak lanjut telah tersambungnya jalur kereta dari sepur raya ke area workshop Ngrombo sekaligus secara teknis persinyalan juga telah dilakukan switch over, beberapa waktu lalu. - Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Moda transportasi kereta api menjadi salah satu moda yang diandalkan khususnya untuk mobilitas masyarakat secara massal. Maka dari itu, pembangunan sejumlah jalur kereta api turut masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dikutip dari akun Instagram Kementerian Perhubungan @kemenhub151, Sabtu (19/2/2022), terdapat beberapa PSN di bidang perkeretaapian yang telah selesai dibangun bahkan mulai beroperasi di Tanah Air.

Pertama untuk kereta api antarkota. Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) telah berhasil menghadirkan Kereta Api Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Jalur ini dibangun sepanjang 6 km dan telah beroperasi pada September 2021.

Kedua adalah KA Tebing Tinggi - Kuala Tanjung. Ini merupakan bagian dari Jaringan Kereta Api Trans Sumatra dengan jalur sepanjang 21,5 km dan dalam tengah dalam proses persiapan pengoperasian.

Ketiga adalah KA Rantau Prapat - Duri - Pekanbaru. Jalur ini rencana akan dioperasikan untuk pelayanan angkutan KA Barang dan memiliki jalur sepanjang 33 km. Jalur ini sedang dalam tahap pelaksanaan pengujian dan sertifikasi kelaikan prasarana perkeretaapian.

Selanjutnya untuk Kereta Api Dalam Kota, saat ini telah hadir LRT Sumatra Selatan. Moda kereta api penumpang yang memiliki konstruksi ringan ini telah melayani wilayah Sumatra Selatan sepanjang 23,4 km. Pembangunannya telah lama selesai dan sudah beroperasi pada Juli 2018.

Sebagai informasi, PSN kereta api menjadi salah satu fokus pembangunan infrastuktur di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Pelaksanaan PSN menitikberatkan pada pembangunan fisik dan nonfisik yang mempunyai peran penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pendekatan pembangunan infrastruktur kewilayahan.

Adapun sejumlah proyek kereta api yang masuk PSN 2020-2024 antara lain Kereta Api Makassar - Parepare (Tahap I dari Pengembangan Jalur Lintas Barat Sulawesi Bagian Selatan), Kereta Api Tebing Tinggi - Kuala Tanjung (mendukung KEK Sei Mangkei, bagian dari Jaringan Kereta Api Trans Sumatra),

Kereta Api Purukcahu - Batanjung melalui Bangkuang.

Selanjutnya Kereta Api Rantau Prapat - Duri – Pekanbaru, Kereta Api Akses Bandar Udara Baru Yogyakarta - Kulon Progo, Kereta Api Jakarta – Surabaya, Double Track Jawa Selatan, High Speed Railway Jakarta - Bandung, Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit (LRT) Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogar, Depok, dan Bekasi,

Penyelenggaraan Angkutan Massal Berbasis Rel Wilayah Badung – Buleleng.

Kemudian ada Kereta Api Logistik Lahat - Muara Enim - Prabumulih - Tarahan/Lampung dan Prabumulih - Kertapati/Palembang, Light Rail Transit (LRT) Provinsi Sumatra Selatan (Metro Palembang),

Light Rail Transit (LRT) Jakarta International Stadium - Kelapa Gading, Jakarta Mass Rapid Transit (MRT) North - South (Bundaran HI - Kota - Ancol Barat, Elevated Inner Loop Line Jatinegara - Tanah Abang – Kemayoran, dan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta East - West Phase I.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top